Honda

BAB Anda Bewarna Hijau? Bingung Cara Mengatasinya? Ini Solusinya

BAB Anda Bewarna Hijau? Bingung Cara Mengatasinya? Ini Solusinya

BAB-Net-Istimewa/palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM– Kotoran normal kebanyakan orang mungkin lebih sering berwarna coklat. Jika tinja berwarna hijau, mungkin sedikit dari kalian akan menjadi khawatir karena warna tersebut tidak umum.

Kotoran dengan warna hijau sebenarnya bisa disebut normal. Kondisi ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi sayuran hijau, makanan dan minuman atau suplemen zat besi. 

Selain itu, feses berwarna hijau juga bisa menjadi tanda diare. Ini bisa terjadi karena makanan melewati usus besar terlalu cepat, sehingga empedu tidak punya waktu untuk mencernanya dengan baik.

Dikutip dari halodoc.com Selain dari jenis makanan, ada beberapa penyebab lain mengapa BAB berwarna hijau:

BACA JUGA:Begini Cara Dinkes Ogan Ilir Beri Motivasi Tenaga Kesehatan di Puncak HKN, Nomor 5 Paling Ditunggu

1. Pigmen Empedu

Kotoran mungkin berwarna hijau karena adanya pigmen empedu. Jika makanan bergerak terlalu cepat melalui usus, pigmen empedu tidak sempat terpecah sebagaimana mestinya. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab diare dan membuat BAB berwarna hijau.

2. Antibiotik

Antibiotik dapat mengubah jenis bakteri yang ada di usus. Bakteri dapat memengaruhi warna khas kotoran. Interaksi antibiotik dan bakteri sering kali dapat menyebabkan perubahan warna pada kotoran menjadi hijau. 

3. Prosedur Medis Tertentu

Misalnya, seseorang yang tubuhnya menolak transplantasi sumsum tulang dapat mengembangkan penyakit graft-versus-host (GvHD). Diare dan tinja berwarna hijau adalah gejala dari kondisi ini.

4. Parasit dan Bakteri

Patogen tertentu dapat menyebabkan kotoran menjadi hijau, termasuk bakteri Salmonella, parasit berbasis air Giardia, dan norovirus. Parasit dan bakteri ini bisa berdampak pada perubahan warna feses.

BACA JUGA:7 Cara Menjaga Kesehatan Mata, Apa Saja? Cek Disini Ya

5. Suntik KB

KB suntik adalah jenis kontrasepsi yang diberikan dengan cara menyuntikkan hormon ke dalam tubuh. Hormon tersebut nantinya bertugas untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur) di masa subur. Suntik KB sendiri berfungsi dapat mengubah hormon dan berpengaruh pada hati serta kantong empedu.

6. Penyakit Hati

Kotoran yang berwarna hijau juga mengindikasikan terjadinya gangguan pada hati. Hati sendiri berfungsi menghasilkan protein, menyimpan nutrisi dan memproduksi empedu. Ketika cairan empedu yang dihasilkan berubah menjadi hijau, hal tersebut menjadi tanda bahwa hati kalian sedang terganggu.

7. Infeksi Virus 

Faktor lain yang menyebabkan feses berwarna hijau adalah adanya infeksi virus yang menyerang tubuhnya. Maka fesesnya bisa berubah menjadi hijau. Apalagi jika virus tersebut menyebabkan diare yang mengakibatkan fases berwarna hijau.

Itulah tadi beberapa faktor yang membuat BAB kita berwarna hijau.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: