Honda

Manfaati Perkarangan Kantor Desa Padang Muara Dua Dengan Tanaman Toga

Manfaati Perkarangan Kantor Desa Padang Muara Dua Dengan Tanaman Toga

TOGA : Kades Padang Muara Dua, Kecamatan Gumay Ulu, Agus Kurmaili didampingi Ketua TP PKK Desa, sedang berada di depan kantor desa yang terdapat tanaman toga, Rabu 16 November 2022.-PEMDES PMD FOR PALPRES-

LAHAT,PALPRES.COM- Pemerintah Desa Padang Muara Dua terbilang sangat kreatif, sebab perkarangan kantor desa di sulap menjadi lokasi tempat penanaman tanaman obat keluarga (Toga), termasuk juga berbagai jenis sayuran dalam menopang perekonomian masyarakat.
 
"Untuk tanaman toga terdapat kumis kucing, jahe, lengkuas, serai dan kunyit, sedangkan sayuran ada bayam, kangkung tanah, tomat dan cabe," ujar Kepala Desa (Kades) Padang Muara Dua, Kecamatan Gumay Ulu, Agus Kurmaili, di Taman Tiga Cempaka," Rabu 16 November 2022.
 
 
Hal ini, sambung Agus Kurmaili, supaya masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencari tanaman obat, semuanya telah tersedia disini.
 
"Obat herbal semuanya ditanam, begitu juga dengan sayuran dan kolam ikan berukuran kecil, dimana, dapat dimanfaatkan oleh penduduk," urainya.
 
 
Dirinya berharap, dengan adanya berbagai macam toga dan sayuran tersebut, mendukung kinerja dari TP PKK Desa Padang Muara Dua.
 
"Inilah yang kita berikan pembekalan dan pelayanan terbaik, sehingga mampu menggerakkan roda pemerintahan maupun perekonomian di desa," pesan Agus Kurmaili.
 
 
Terpisah, Ketua TP PKK Kecamatan Gumay Ulu, Elsa Septiani Tarmidi meminta, agar seluruh kader PKK ditingkat desa mampu menciptakan sesuatu berbeda, guna mendukung program pemerintah.
 
"Memanfaatkan perkarangan balai desa, kantor desa ataupun lahan tidur, untuk diciptakan sesuatu bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.
 
Dirinya menambahkan, seperti halnya di Desa Padang Muara Dua, halaman kantor mereka diubah dan ditambah berbagai jenis tanaman toga dan sayuran.
 
"Ini tentunya dapat membantu warga, yang apabila sedang demam memerlukan toga maupun buat lauk sayur untuk disantap. Mari kita berikan yang maksimal," harap Elsa Septiani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: