Honda

SMA Adabiyah Palembang Optimis Juarai LCC Museum Sriwijaya

SMA Adabiyah Palembang Optimis Juarai LCC Museum Sriwijaya

Para peserta Lomba Cerdas Cermat Museum Sriwijaya saat beradu wawasan pada babak penyisihan, Kamis 17 November 2022-Alhadi Farid/palpres-

PALEMBANG, PALPRES.COM - SMA Adabiyah Palembang optimis juarai Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum Sriwijaya Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Palembang.

Hal itu disampaikan salah satu peserta dari SMA Adabiyah Palembang kepada Palpres.com disela pembukaan LCC Museum Sriwijaya, di kawasan Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya, Kamis 17 November 2022.

“Insya Allah persiapannya sudah mateng dari seminggu yang lalu, materi sudah dipelajari mulai dari materi Sriwijaya, Hindu-Buddha serta koleksi Museum Sriwijaya. Apalagi kemarin juga dibekali ilmu dari para narasumber dan sempet keliling-keliling di museum. Untuk itulah, kita optimis bisa menjadi juara dalam LCC ini,” aku Zahra.

Hal serupa, disampaikan Guru Pendamping SMA Adabiyah Palembang Siti Syafika. Dia mengatakan, pihaknya bimbingan khusus dalam mengikuti event tahunan Museum Sriwijaya.

BACA JUGA:75 Persen Soal Berkaitan dengan Sriwijaya

“Sebagai guru sejarah tentunya mensupport anak-anak kita untuk menjadi yang terbaik. Setelah ada pemberitahuan mengenai lomba ini, kita langsung pilih peserta terbaik untuk ikut berpartisipasi pada LCC dan pastinya kita berharap bisa membawa baik sekolah,” harapnya.

Sementara itu, kegiatan Lomba Cerdas Cermat Museum Sriwijaya dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan, H Dr. Aufa Syahrizal, S.P.,M.Sc.

Dr Aufa mengatakan, melalui LCC ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi generasi muda untuk mengasah pengetahuan mengenai Sriwijaya dan koleksi yang ada di Museum Sriwijaya. 

“Dengan adanya lomba ini mereka jadi tau mengenai Sriwijaya yang menjadi pusat kebudayaan, peradaban, bahkan pusat ilmu pengetahuan agama Buddha dan menjadi simbol keagamaan Sriwijaya dan terletak di kawasan TWKS. Harapannya mereka bisa bercerita lagi dengan teman dan keluarganya mengenai Sriwijaya,” harapnya.

BACA JUGA:Sembilan Sekolah Berlaga di Babak Semifinal LCCM

Dia menambahkan, apalagi di zaman digital seperti saat ini. Mereka bisa berselfi dan secara tidak langsung dapat mempromosikan dan mempublikasikan Museum Sriwijaya.

“Untuk itulah, kita mengapresiasi Museum Sriwijaya dalam mengenalkan dan memotivasi untuk mengajak orang banyak khususnya generasi muda untuk lebih dekat dan mengenal dengan museum,” jelasnya.

Oleh sebab itulah, dia berpesan kepada peserta untuk berkompetisi secara sportifitas sehingga menghasilkan pelajar yang bermartabat.

Hasil pantauan, pada babak final SMA Adabiyah, harus beradu wawasan dengan SMA 13 Palembang dan SMA Srijaya Negara.

BACA JUGA:Candi Bumi Ayu Diasumsikan Penyokong Kedatuan Sriwijaya

Sebelumnya, Pejabat Pengadaan Teknis Kegiatan (PPTK) Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Museum Sriwijaya, Khairul Syahri Penjalang, mengatakan, Lomba Cerdas Cermat (LCC) diselenggarakan selama Rabu dan Kamis tanggal 16-17 November 2022.

Tercatat, ada 45 siswa yang berasal dari 15 SMA/SMK/MA akan berkompetisi dalam lomba yang digelar pada event tahunan ini.

"Rencananya ada 30 soal di babak penyisihan dan soal yang diberikan nantinya 75 persen berkaitan dengan Sriwijaya," kata Khairul.

Dia merinci, soal pada babak penyisihan ini ada 15 soal berhubungan dengan sriwjaya, 10 berhubungan dengan museum sriwijaya dan 5 soal sejarah umum lainnya.

BACA JUGA:Mengenal Kerajinan Laquer Palembang, Sudah Ada Sejak Kerajaan Sriwijaya

Untuk itulah, pihaknya memberikan pembekalan kepada siswa sehingga diharapkan mampu menjawab soal yang berkaitan dengan Sriwijaya.

"Selain kita bekali ilmu lewat workshop, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berkeliling ke museum. Dengan harapan mereka lebih mengenal perkembangan dan peninggalan Kerajaan Sriwijaya," jelasnya.

Dia menambahkan, LCC Sriwijaya ini bertujuan untuk menggalakan dan menggaungkan sriwijaya. Hal ini mengingat, guru sejarah juga dinilai masih belum banyak yang mengetahui sriwijaya sehingga pihaknya fokus pada siswa dalam mengenalkan kerajaan tersebut.

BACA JUGA:Targetkan Event Sriwijaya Ranau Grand Fondo Diikuti 2000 Peserta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: