RDPS
Honda

Berikut ini 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM dalam Bisnis

Berikut ini 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM dalam Bisnis

5 Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM dalam Bisnis.-muhammad iqbal-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Perkembangan teknologi membuat perubahan besar pada cara hidup manusia mulai dari kehidupan sehari-hari hingga menjalankan bisnis.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang membuat bisnis di berbagai bidang bisa dijalankan dengan lebih mudah, seperti salah satunya aplikasi CRM atau CRM software.

Meski namanya cukup asing di kalangan masyarakat umum namun software ini termasuk salah satu yang memiliki peran cukup penting untuk orang-orang yang ingin merintis bisnis di berbagai bidang, terutama untuk bisnis-bisnis start-up atau bisnis konvensional yang sudah direncanakan untuk menjadi besar.

Ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa didapat ketika menggunakan CRM software, dan untuk penyedianya sendiri sudah termasuk banyak di Indonesia sehingga tidak perlu membeli dari luar negeri.

BACA JUGA:Mengenal Aplikasi Pencatatan Stok Barang, Simak Manfaat dan Rekomendasinya

Mari pahami lebih lanjut mengenai CRM software dan apa saja manfaat yang ditawarkannya.

Apa Itu Aplikasi CRM?

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management atau yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan pengelolaan hubungan pelanggan. 

Jika dalam dunia bisnis, istilah tersebut akrab digunakan untuk menyebut penggunaan sebuah aplikasi yang khusus mengatur hubungan antara pelanggan dengan suatu bisnis, atau bisa dibilang juga bahwa aplikasi ini menyediakan layanan untuk para pelanggan.

BACA JUGA:Gunakan 3 Aplikasi ini Agar Kamu Lebih Produktif

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa aplikasi crm adalah sebuah strategi bisnis yang memadukan antara tiga aspek, yaitu teknologi, manusia, dan juga proses (yang dalam hal ini lebih efektif serta efisien).

Fungsi Aplikasi CRM

Berdasarkan definisi di atas, dapat dikatakan bahwa fungsi dari software crm adalah membantu bisnis dalam mengelola berbagai aspek penting atau hal apapun yang terkait dengan pelanggan dengan cara yang lebih dalam atau detail seperti berikut:

▪ Menangani keluhan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com