Honda

Tahok Tutok, Makanan Khas Prabumulih yang Wajib Dicoba!

Tahok Tutok, Makanan Khas Prabumulih yang Wajib Dicoba!

Tahok Tutok, Makanan Khas Prabumulih yang Wajib Dicoba!-Tangkapan layar-Ig Recky Martha

PALEMBANG, PALPRES.COM – Untuk kamu yang suka traveling sambil kulineran, wajib banget nih untuk datengin Kota Prabumulih dan mencicipi makanan Khas Kota Prabumulih Tahok Tutok yang lezat dan nggak ada duanya.

 

Mendengar nama kotanya saja mungkin masih terdengar asing untuk kamu yang tinggal di luar provinsi ataupun diluar dari pulau sumatera, terutama diluar Provinsi Sumatera Selatan apalagi makanan khasnya bukan? 

 

Nah, sebelum kita mengetahui apa saja makanan khas kota Prabumulih, ada baiknya kita kenalan dulu dengan salah satu kota madya ini. 

 

Kota Prabumulih adalah kota kecil yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, kota yang berada didalam wilayah Kabupaten Muara Enim ini biasanya dikenal dengan Kota Nanas, karena sebagian besar hasil pertaniannya yakni buah nanas. 
BACA JUGA:Pindang Udang Satang Kuah Segar Khas Palembang Wajib Kamu Coba

 

Meskipun kota Prabumulih tidak memiliki banyak destinasi wisata, namun kota ini tak kalah jauh dengan kota dan daerah lainnya lho. ia memiliki beragam makanan khasnya yang terkenal enak dan wajib kamu coba salah satunya Tahok Tutok. 

 

Makanan khas Prabumulih satu ini bisa kamu temui di salah satu Kecamatan yang ada di Prabumulih yakni Kecamatan Rambang Kapak Tengah. 

 

Mungkin untuk kamu yang baru pertama kali melihat makanan ini, kamu akan merasa jijik karena bentuk dan warnanya yang unik.

 

Namun soal rasa kamu jangan salah, makanan ini memiliki rasa yang sangat unik sehingga membuat kamu ketagihan saat memakannya dan makanan ini juga bisa meningkatkan nafsu makan mu lho.

 

BACA JUGA:Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Laksan Gurih Khas Palembang   

 

Namanya yang unik berasal dari bahasa daerah itu sendiri yakni Tahok memiliki arti daun ubi atau daun singkong, dan kata Tutok merupakan prosesnya yakni ditumbuk, sesuai dengan namanya tahok tutok peroses pembuatannya pun juga di tumbuk. 

 

Sebelum ditumbuk, daun singkong muda ini dipisahkan dari tangkainya, kemudian kamu masukkan ke alat tumbuk yang bernama lesung, lesung ini ada dua macam, ada lesung kayu dan batu, kamu bisa menggunakannya sebagai alat tumbuk.

 

Kemudian tumbuk hingga daun ubi hancur dan halus, lalu pindahkan kewadah, siapkan beberapa bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bwang putih, garam serta penyedap rasa. 

 

Kalau kamu suka rasa pedas pada makananmu, kamu bisa tambahkan beberapa cabe rawit, selain itu, kamu juga bisa menambahkan ikan teri untuk menambah rasa asin yang unik. 

BACA JUGA:Khasiat Jahe Merah yang Wajib Diketahui Kaum Hawa

 

Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu-bumbu halus dan ikan teri tersebut hingga wangi, lalu masukan daun ubi yang telah ditumbuk kedalam wajan, aduk hingga bumbunnya merata, masak hingga matang dan kamu siap menikmatinya. 

 

Eits, jangan takut basi ya, karena makanan sulit untuk basi kalau kamu hangatkan, dan uniknya lagi semakin sering kamu hangatkan makanan ini makan ia akan semakin enak lho. 

 

Nah bagaimana? setelah membaca penjelasan diatas apa kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Prabumulih satu ini? Untuk itulah, kalau berkunjung ke Prabumulih jangan lupa untuk mencobanya ya guys, dijamin kamu akan ketagihan dan tidak akan pernah lupa deh dengan rasanya.

 

BACA JUGA:Pedes, Segar dan Nikmat, Inilah Resep Pindang Khas Meranjat Ogan Ilir 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: