Honda

Antisipasi Krisis Pangan, Pemkab PALI Kerahkan Kelompok Wanita Tani

Antisipasi Krisis Pangan, Pemkab PALI Kerahkan Kelompok Wanita Tani

Pemkab PALI mendorong desa-desa untuk membentuk KWT dan menyerukan agar menanam tanaman pangan dengan memanfaatkan lahan yang ada seperti pekarangan rumah atau lahan tidur.-Berry Sandi-Palpres.com

PALI, PALPRES.COM- Selain mengajak masyarakat untuk menanam tanaman pangan dan menggerakkan petani dalam mengantisipasi krisis pangan pada 2023 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI juga mengerahkan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Bahkan, Pemkab PALI mendorong desa-desa untuk membentuk KWT dan menyerukan agar menanam tanaman pangan dengan memanfaatkan lahan yang ada seperti pekarangan rumah atau lahan tidur. 

Seperti di Kecamatan Talang Ubi, hampir di seluruh desa dan kelurahan sudah terbentuk KWT dan bahkan sudah ada yang menghasilkan. 

KWT binaan Camat Talang Ubi, Hj Emilia itu bernama KWT Rajawali Kelurahan Handayani Mulya yang sejak beberapa bulan lalu giat menanam sejumlah tanaman hortikultura, seperti cabai, jagung, kangkung, bayam dan sayuran lainnya.

BACA JUGA:Bupati PALI Kembali Ingatkan Masalah Krisis Pangan

Bahkan, KWT Rajawali Kelurahan Handayani Mulya juga memberikan beberapa jenis bibit tanaman kepada KWT Mandiri Telaga Calak, Kelurahan Pasar Bhayangkara.

Ketua KWT Rajawali, Erli Jauhari mengatakan, apa yang dilakukan kelompoknya merupakan bentuk kekompakan dalam mendorong KWT lain agar bisa bersama-sama berkembang dalam menyongsong krisis pangan dan inflasi.

“Alhamdulillah kami bisa berbagi untuk KWT lain. Bibit berasal dari bantuan aspirasi anggota DPR-RI Ir Hj Sri Kustina. Keberhasilan ini berkat binaan TP PKK kabupaten PALI dan Camat Talang Ubi," ucapnya, Ahad 20 November.

Ia menerangkan, saat ini KWT Rajawali sudah bisa membantu kelompok lainnya dalam mengembangkan kelompoknya. 

BACA JUGA:Antisipasi Krisis Pangan 2023, Pemkab PALI Buka Lahan 1 Hektar Untuk Ditanam Ubi

"Tujuan kami adalah maju bersama agar lebih banyak lagi masyarakat PALI yang bisa merasakan manfaat bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan yang ada," terangnya. 

Sementara, ketua KWT Telaga Calak, Asniwati menuturkan, kelompoknya bertekad akan mengikuti jejak KWT Rajawali. 

“Jadi apa yang kami terima akan kami tanam, kami rawat dan kami kembangkan supaya KWT kami bisa maju seperti KWT Rajawali," tuturnya.

Terpisah, Camat Talang Ubi Hj Emilia mengapresiasi kepedulian KWT Rajawali yang telah membantu KWT lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: menggerakkan petani dalam mengantisipasi krisis pangan