Honda

Pembangunan 32 Unit Rumah Korban Banjir Bandang Hampir Selesai

Pembangunan 32 Unit Rumah Korban Banjir Bandang Hampir Selesai

BANGUN : Tampak para pekerja sedang mengerjakan pembangunan perumahan bagi korban banjir bandang di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Senin 21 November 2022.-Bernat Palpres.com-

LAHAT,PALPRES.COM- Sebanyak 32 Unit rumah yang diperuntukkan bagi korban banjir bandang yang melanda di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur belum lama ini, terus bergerak dan hampir seluruhnya selesai.
 
Termasuk juga, sarana saluran pembuangan air limbah (SPAL), bronjong penahan longsor dan sumur bor serta jalan setapak pun demikian.
 
 
"Betul, untuk pembangunan 32 rumah yang dikerjakan saat ini telah masuk tahap 90 persen," kata Kepala Desa (Kades) Gunung Kembang, Parsyah, Senin 21 November 2022.
 
Parsyah menerangkan, untuk ukuran rumahnya sendiri yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat 6x6 meter persegi atau tipe 36.
 
"Untuk itulah, kami segenap nama Pemerintah Desa (Pemdes) sangat terbantu sekali untuk merelokasi masyarakat ke tempat yang aman," jelasnya.
 
 
Nantinya, masih kata dirinya, penduduk yang sudah mendapatkan bantuan rumah tersebut, apabila selesai 100 persen segera menempati perumahan dimaksud.
 
"Memang, awalnya warga sangat keberatan untuk direlokasi sebab mata pencaharian mereka banyak ditempat lama. Akan tetapi, dengan koordinasi serta Komunikasi yang baik akhirnya mau untuk pindah," ucap Parsyah.
 
Parsyah menerangkan, untuk pemukiman penduduk Desa Gunung Kembang, sangat berdekatan sekali dengan aliran sungai yang memang tidak begitu berjauhan dengan jalan lintas sumatera (Jalinsum).
 
 
"Lahan yang milik mereka tersebut akan masuk ke dalam aset desa, dan bagi mereka sudah ada tempat usaha yang lama, silahkan meneruskan mencari rezeki," sebutnya.
 
Dirinya berharap, bantuan dari Pemkab Lahat ini tentunya akan menjadi ladang mencari nafkah yang baru, sehingga mereka benar-benar aman dari bencana banjir yang sewaktu-waktu datang kembali.
 
"Kita tidak tahu kapan bencana alam akan menghampiri, akan tetapi, jauh-jauh hari sudah diantisipasi sebelumnya," pungkas Parsyah.
 
 
Terpisah, Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP), Limra Naufan ST MT membenarkan, bahwasanya laporan yang diterima untuk pengerjaan 32 Unit rumah khusus korban bencana banjir bandang kini sudah berada 90 persen.
 
"Itu berarti, rumah-rumah tersebut siap dihuni, termasuk juga prasarana sumur bor, SPAL maupun dinding penahan longsor," terangnya.
 
 
Kemungkinan, sambung dia, setelah semuanya siap 100 persen dan penduduk semuanya telah direkomendasikan, maka, Bupati Lahat akan meninjau sekaligus meresmikannya.
 
"Pastinya mereka akan merasa aman, nyaman dan tenang, tidak perlu khawatir lagi apabila hujan turun, karena kini sudah berada di lokasi jauh dari kata banjir bandang," pungkas Limra Naufan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: