Honda

Suporter Hingga Pemain Jepang Bersih-bersih Stadion Piala Dunia, Layak Dicontoh

Suporter Hingga Pemain Jepang Bersih-bersih Stadion Piala Dunia, Layak Dicontoh

Aksi bersih-bersih stadion oleh suporter dan pemain timnas Jepang. -Disway.id-

Seperti diberitakan BBC, setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan selesai, pendukung timnas Jepang siap dengan kantong sampah di tangan dan memunguti bungkus makanan, cangkir minuman kosong, serta berbagai sampah lainnya di tribun penonton. 

Mereka tampak mengumpulkan berbagai sampah hingga barisan kursi penonton itu kembali bersih dan rapi.

Aksi ini bukan pertama kalinya dilakukan di perhelatan Piala Dunia.

Kebiasaan baik itu juga terwujud pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara tuan rumah Qatar dan Ekuador, meskipun pertandingan itu tidak melibatkan tim kesayangan mereka.

Bahkan, saat Piala Dunia digelar di Brasil (2014) dan Rusia (2018), pendukung timnas Jepang juga memukau khalayak dunia dengan bertahan di dalam stadion guna memungut sampah.

"Kami, orang Jepang, sangat sensitif dengan reputasi kami di mata orang lain," kata Asisten Direktur Kantor Perwakilan Pemerintah Prefektur Hiroshima, Maiko Awane seperti dikutip dari BBC.

"Kami tidak ingin orang lain berpikir kami orang-orang buruk yang tidak terpelajar atau salah asuhan sehingga tidak bersih-bersih,” lanjutnya.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan suporter dan para pemain timnas Jepang layak dicontoh para fan dan kontestan lainnya di Piala Dunia 2022.

Meskipun tidak secara terang-terangan disebut. 

Setidaknya suporter dan pemain Jepang melakukan kampanye peduli lingkungan yang tak akan dilarang di negara manapun. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: