Honda

5 Jenis Makanan yang dilarang untuk Ibu Hamil, Nomor 3 Masih Sering dikonsumsi

5 Jenis Makanan yang dilarang untuk Ibu Hamil, Nomor 3 Masih Sering dikonsumsi

Ilustrasi Kehamilan yang sehat bagi bunda-freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Saat siap menjalani kehamilan berarti siap merelakan beberapa hal yang bunda suka, demi menjaga merawat di buah hati didalam kandungan yang sedang tumbuh diperut bunda.


Seperti halnya dengan mengurangi atau bahkan stop mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman favorit bunda, setiap pilihan dan keputusan mama dalam mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang janin.

Berikut makanan yang perlu dihindari oleh bunda ya;

1. Daging sapi, unggas dan ikan mentah atau tidak dimasak matang

Saat hamil, mama lebih berisiko mengalami gangguan pencernaan karena sistem imun tubuh yang sedang berubah. Oleh karena itu pastikan bunda mengonsumsi daging yang sudah dimasak sempurna, baik itu daging ayam, ikan maupun daging beku.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil


Daging yang belum dimasak sempurna merupakan salah satu jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil, nah Hindari Mengonsumsi sushi juga ya bunda.

2.  Mengonsumsi Telur Mentah

Makanan ini tidak boleh untuk ibu hamil yaitu telur mentah atau telur setengah matang, karena mengandung bakteri salmonella yang bisa membuat bunda keracunan makanan.


Nah untuk menghindari hal tersebut, pastikan buda memasak telur (baik bagian putih ataupun kuning telur) matang dengan sempurna.


Hindari juga pula konsumsi produk makanan dengan kandungan telur mentah seperti mayones, es krim dan tiramisu.

 

BACA JUGA:Ibu Hamil Bisa Dapat Jampersal, Presiden Instruksikan 9 Poin Ini ke Menkes


3.  Minuman Berkafein

Dalam mengonsumsi cafein seperti kopi dll saat hamil boleh saja, akan tetapi jangan lebih dari 200 mg perhari, karena konsumsi kafein berlebih saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran dan berat badan lahir rendah pada bayi.


Cobalah mengontrol konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, kola dan cokat selama kehamilan.

4.  Beberapa Jenis Seafood

Seafood merupakan sumber protein dan asam  lemak esensial seperti omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak dan mata si kecil, ada beberapa jenis seaoo yang perlu bunda hindari akibat kandungan tinggi merkuri di dalamnya.

Karena kandungan merkuri dapat mengganggu perkembangan sistem saraf si kecil.  Jadi, makanan dilarang ketika hamil, di antaranya adalah ikan marlin, kerang-kerangan, hiu, tuna mata besar serta tenggiri raja.


Bunda juga sebaiknya tidak mengonsumsi ikan tuna secara berlebihan karena ikan tuna juga mengandung merkuri.  selain itu, harus dibatasi konsumsi untuk jenis ikan berminyak seperti salmon, sarden dan makarel, karena ikan tersebut juga bisa mengandung polutan.

 

BACA JUGA: Ibu, Jangan Lewatkan 9 Menit Ini Setiap Hari Jika Ingin Kesehatan Emosional Anak Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: