Honda

Kota Palembang Raih Penghargaan Bhumandala Kanaka

Kota Palembang Raih Penghargaan Bhumandala Kanaka

Walikota Palembang, H Harnojoyo menerima penghargaan dari Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) RI, Prof Muh Aris Marfai di Hotel Borobudur Jakarta 25 Nopember 2022-dok Kominfo Palembang-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali meraih penghargaan Bhumandala dari Badan Informasi Geospasial (BIG), atas pencapaian dalam mengembangkan simpul jaringan kota yang memanfaatkan informasi geospasial.

Walikota Palembang, H Harnojoyo menerima langsung penghargaan di Hotel Borobudur, Jakarta, 25 November 2022.

Menurut orang nomor satu di Kota Palembang ini, penganugerahan penghargaan simpul jaringan melalui Bhumandala Award 2020 merupakan bentuk apresiasi Badan Informasi Geospasial kepada simpul jaringan untuk memotivasi, menginspirasi, memperkuat dan meningkatkan semangat dalam membangun elemen simpul jaringan agar terus terbina secara berkelanjutan menuju simpul jaringan yang aktif dan operasional.

“Penghargaan ini diharapkan akan mewujudkan tersedianya informasi geospasial yang mutakhir, handal dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Harnojoyo.

BACA JUGA:Komitmen Kembangkan Literasi dan Minat Baca, Dokter Muda Cantik ini Dianugerahi Penghargaan oleh Perpusnas

Ia mengatakan, langkah besar Kota Palembang dalam penyelenggaraan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD) pada tahun 2018, didasari atas kesadaran pentingnya memanfaatkan data dan informasi geospasial untuk memudahkan sinkronisasi proses perencanaan dan penganggaran pembangunan.

Karena dengan ketersediaan data dan informasi geospasial akan terlihat keterkaitan fungsi lokasi pembangunan lintas sektor sampai dengan tingkat koordinat petanya.

Selain itu lanjut Harno, pelibatan perangkat daerah di Kota Palembang, baik sebagai Produsen Data dan Wali Data, untuk secara sinergis dan harmonis berperan penting dalam memperkokoh lima elemen infrastruktur geospasial.

“Saat ini 37 perangkat daerah telah berperan aktif, dan akan terus kami tingkatkan hingga seluruh 52 perangkat daerah di Kota Palembang memiliki dan mengembangkan data geospasial.

BACA JUGA:Deni Victoria Raih Penghargaan Tokoh Pemuda Menginspirasi dan Berprestasi

Inilah target kami di tahun mendatang. Seiring dengan itu, peningkatan kualitas data dan informasi geospasial serta peningkatan kualitas SDM juga menjadi fokus penting pengembangan JIGD Kota Palembang,” jelasnya.

Sambungnya, manfaat dengan terbentuknya Simpul JIGD Kota Palembang antara lain tercipta efisiensi dan efektivitas dalam berbagi pakai data secara horisontal (antar unit perangkat daerah) atau secara vertikal.

Bahkan juga untuk masyarakat umum, akademisi dan pemanfaat lainnya.

“Untuk itu, kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah mendukung penuh pengembangan JIGD Kota Palembang, dari awal dibangun hingga saat ini, dan semoga ke depannya juga tidak akan bosan mendukung kami,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com