Honda

Alpian Maskoni Pinta OPD Berperan Aktif Penuhi Kebutuhan Darah di Pagaralam

Alpian Maskoni Pinta OPD Berperan Aktif Penuhi Kebutuhan Darah di Pagaralam

Wako saat menyaksikan pelaksanaan donor darah beberapa waktu lalu-Eko Palpres.com-

PAGARALAM,PALPRES.COM - Kebutuhan darah bagi para pasien di Kota Pagaralam cukup tinggi. Hal itu menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Pagaralam.

 

Karena itu Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menekankan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam  berkaitan dengan donor darah.

 

“Untuk masalah donor darah, khusus di Pagaralam ini pendonor darah masih sangat minim. Karena itu saya meminta kepada semua pihak, baik itu OPD maupun organisasi di Kota Pagaralam untuk menggalakkan kembali donor darah.

 

Dan saya juga akan meminta kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkot Pagaralam untuk dapat terlibat dalam donor darah ini,” seru Alpian. 

 

BACA JUGA:Gandeng RSUD Sekayu, IDI Cabang Muba Gelar Aksi Donor Darah

 

Tak hanya keterlibatkan OPD dan organisasi di lingkungan Pemkot, katanya, dirinya juga akan mengajak organisasi-organisasi di Pagaralam untuk rutin donor darah.

 

“Sebab seringkali saya mendengar dan membaca bahwa permintaan donor darah dari pasien-pasien di Rumah Sakit yang membutuhkan darah cukup banyak,” katanya. 

 

Khusus untuk kegiatan donor darah yang digelar Dinkes Kota Pagaralam pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun, Alpian sangat mengapresiasi sekali, meski tadi untuk pendonornya pun masih cukup sedikit hanya 10 orang pendonor darah.

 

BACA JUGA: Lapas Lubuklinggau Gelar Donor Darah

 

“inilah yang harus kita upayakan, dengan mengajak seluruh organisasi di Pagaralam untuk dapat ikut terlibat,” jelasnya. 

 

Dalam pelaksanaan donor darah yang akan dilakukan sejumlah OPD, sambung wako, dirinya akan membuat surat edaran untuk PKK, Dharma Wanita dan semua OPD di lingkungan Pemkot Pagaralam untuk menggalakkan donor darah. 

 

“Nanti kita juga akan mengatur jadwal pelaksanaan donor darah tiap Minggunya, sehingga stok kebutuhan darah di Pagaralam bisa teratasi. Untuk startnya sendiri kita usahakan secapat mungkin bisa dilaksanakan,” tutupnya.  

 

BACA JUGA:HUT ke -77 KAI Divre III Palembang Gelar Donor Darah dan Santunan Anak Yatim

 

Diketahui sebelumnya kebutuhan kantung darah bagi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Besemah Kota Pagar Alam masih mengandalkan donor keluarga, yang artinya penyumbang darah pada umumnya adalah kerabat pasien.

 

Sementara untuk stok darah sendiri terkadang belum mencukupi bahkan kosong di bank darah.

 

“Kendati demikian, untuk memenuhi kebutuhan kantung darah pada umumnya dari kerabat pasien yang dirawat,” kata petugas PMI di RS Besemah.

 

Diakuinya, stok di bank darah belum sepenuhnya mampu mencover kebutuhan kantung darah. 

 

“Jumlah pendonor ini adalah donor keluarga. Jika bandingkan pendonor sukarela terekam tiap bulan rata-rata sekitar 40 hingga 50 pendonor saja,” ujarnya.

 

Ia menyebutkan, umum kantung darahnya dibutuhkan pasien dari sal kebidanan, penyakit dalam, bedah dan anak, dirinya tak menampik, jika pihak UDRS sedikit kerepotan jika dibutuhkan adalah kantung darah golongan AB yang pendonornya terbilang sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: