Honda

Perdana, Pemkab Lepas 25 Putra-Putri Asli Musi Banyuasin Menjadi Pekerja Migran ke Malaysia

Perdana, Pemkab Lepas 25 Putra-Putri Asli Musi Banyuasin Menjadi Pekerja Migran ke Malaysia

Foto Bersama dengan 25 Putra-Putri yang akan menjadi Pekerja Imigran Indonesia ke Malaysia-Firdaus Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin melakukan terobosan dalam memberikan lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK maupun SMA di Bumi Serasan Sekate.

Salah satunya, Selasa 6 November 2022, melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) melepas sedikitnya 25 putra-putri lulusan baru dari SMK maupun SMA yang akan bekerja ke Negeri Jiran, Malaysia.

“Ini salah satu terobosan dan inovasi bagi memecahkan permasalah pengangguran dengan memberikan peluang bagi adik-adik kita tamatan SMK maupun SMA untuk bekerja diluar negeri,” kata Kepala Disnarkertrasn Muba, Mursalin SE MM.

BACA JUGA:MVC Ekspor Puluhan Pekerja Asal Musi Banyuasin ke Pembangunan Mega Proyek Migas

Dia menerangkan, pengiriman pekerja Migran Indonesia ini menindaklanjuti adanya kerjasama dengan Badan Pelindungan pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pusat.

“Ini kali perdana kita kirimkan dengan melibatkan pihak BP2MI, perusahaan, MKKS SMK Kabupaten Musi Banyuasin dan pihak bank. 

Ini juga membuktikan bahwa Pemkab hadir dalam memberikan fasilitas bilamana ingin bekerja ke luar negeri dengan cara legal ataupun resmi,” jelasnya.

Selain itu untuk biaya, Mursalin menerangkan, memang kendala para pencari kerja yang ingin bekerja di luar negeri tentang biaya, oleh sebabnya pihaknya menggandeng Bank Pembangunan Daerah BSB dalam memberikan pinjaman kredit bagi pekerja migran Indonesia dengan bunga sangat rendah.

BACA JUGA:Pj Bupati Dorong Pekerja Muba Jadi Peserta BP Jamsostek

Jadi lanjut dia, para pencari kerja yang akan bekerja tidak perlu pusing ataupun takut karena Pemkab Musi Banyuasin akan terus memberikan fasilitas agar bisa mengurangi pengangguran. 

“Sekaligus wujud nyata implementasi perekrutan tenaga kerja lokal,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin MSi dalam arahannya memberikan motivasi kepada 25 pekerja migran, berangkat jadi migran pulang jadi juragan.

Selain itu, ia berpesan kepada pekerja migran Indonesia kabupaten Muba agar terus semangat dalam bekerja jaga kesehatan, selalu jaga nama baik bangsa dan negara khususnya Kabupaten Muba. 

Tunjukkan dan buktikan bahwa kita mampu bekerja secara profesional, peliharaan selalu kekompakan diantara kalian selama bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: