Honda

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bengkulu yang Wajib Kita Icip

5 Rekomendasi Kuliner Khas Bengkulu yang Wajib Kita Icip

Kuliner Khas Bengkulu Lezat Gurih dan Nikmat-NET-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Bengkulu adalah ibu kota Provinsi Bengkulu, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar kedua di pantai barat Pulau Sumatra, setelah Kota Padang.

 

 

Ada banyak kuliner khas Bengkulu yang bisa kamu nikmati sesampainya berada di sana.  berikut sederet makanan khas Bengkulu yang bisa kamu cicipi atau coba masak di rumah, bikin menggugah selera.

 

 

1. Kue Bay tat  / tat

Banyak sekali kue enak khas Indonesia karena Indonesia memiliki banyak provinsi atau daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satu kue enak yang patut dikenalkan lebih luas adalah kue bay tat asal Bengkulu yang biasanya disajikan saat ada hajatan seperti pernikahan, atau hari besar seperti lebaran.

 

BACA JUGA: Penting, Ini 5 Suku di Sumatera Selatan yang Kalian Wajib Tahu

 

Kue tat khas Bengkulu memiliki cita rasa manis, gurih, dan teksturnya empuk. Kue ini terbuat dari bahan dasar santan kental yang dicampur dengan terigu, baking soda, gula, dan essense pisang. Ada isian selai nanas di tengahnya.

 

 

2.  Bagar hiu

 

Bagar hiu adalah olahan daging hiu yang berkuah rempah. Dan, tidak semua ikan hiu bisa dibuat jadi bagar hiu. Hanya hiu jenis punai dan tanduk yang bisa diolah menjadi bagar hiu khas Bengkulu

 

 

Bagar hiu adalah sajian khas Bengkulu yang terbuat dari bahan baku ikan hiu. Sepintas makanan ini mirip dengan rendang khas Padang. Hasa saja, bagar hiu tidak dibuat dengan menggunakan santan. Daging ikan hiu dimasak dengan aneka rempah khas Nusantara yang lezat.

 

 

BACA JUGA: Alhamdulillah, Mekanisme Tuntaskan PPPK 2023 Direstui Presiden Jokowi

 

3.   Gulai pisang muda

 

Gulai pisang ternyata menjadi makanan yang cukup umum di Padang hingga Bengkulu. Bahan yang digunakan juga bukan pisang matang, melainkan yang masih muda.

 

 

Gulai pisang muda menjadi salah satu masakan khas Bengkulu yang unik. Bumbu gulai dimasak dengan pisang muda yang padat dan tidak mudah hancur.

 

 

 

4.  Lema

Lema adalah sebuah nama makanan khas Rejang. Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang, kemudian dicampur ikan mujair atau sepat. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat.

 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warung Soto Legendaris di Palembang

 

5.            Pengdap

Bahan baku utama pendap umumnya dari jenis ikan laut berdaging padat seperti kakap merah, kembung, dan gulama. Penggunaan ikan berdaging padat bertujuan agar menghasilkan tekstur pendap yang gurih dengan daging yang tak mudah hancur saat diolah bersama balutan aneka bumbu rempah tadi

 

Pengdap merupakan makanan khas Bengkulu Selatan yang punya cita rasa pedas dan gurih. Kuliner Bengkulu ini terbuat dari ikan yang diolah dengan bumbu khusus dengan kelapa parut. Kemudian dibungkus dengan daun talas dan daun pisang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: