Honda

5 Macam Kerupuk dan Kemplang Khas Palembang Bisa Jadi Buah Tangan

5 Macam Kerupuk dan Kemplang Khas Palembang Bisa Jadi Buah Tangan

Seorang Penjual Sendang Memanggang Kemplang yang bisa dijadikan oleh-oleh -Alhadi Farid-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Palembang memiliki banyak makanan tradisional yang enak-enak dan lezat.  Beberapa jenis makanan lainnya bisa menjadi menu pelengkap di meja makan, seperti kemplang.

 

Kemplang walau tidak membuat  kenyang, tapi sangat digemari penggemarnya, nah kemplang ini menjadi kudapan sehari-hari masyarakat palembang.  Nah teman-teman kemplang ini banyak sekali jenisnya, berikut macam-macam kemplang khas palembang;

 

1 Kemplang Kerupuk

Seperti cemilan pada umumnya, kerupuk khas palembang ini terbuat dari potong pempek lenjer yang dikeringkan dan dimasak dengan dua kali penggorengan.

 

Kerupuk tersebut berbentuk bulat dengan diameter sekita5-7 cm, dengan rasa gurih ikan dan renyah yang  membuat cemilan ini selalu ada di tengah-tengah menu makanan lain.

 

BACA JUGA: Penting, Ini 5 Suku di Sumatera Selatan yang Kalian Wajib Tahu

 

 

2. Getas

Nah yang satu ini bentuknya unik beda dari kemplang lainnya, bentuknya yang bulat dan agak padat membuat getas sedikit berbeda dibandingkan kerupuk.  bahan dasar kemplang getas juga berasal dari adonan pempek yang berbentuk lebih kecil dan dipotong-potong seukuran 4 cm.

 

Berbahan dasar Ikan ikan Tenggiri, Getas memiliki rasa yang gurih saat dimakan. Cemilan ini sangat cocok dijadikan teman makan nasi atau Kuliner berkuah.

 

3. Kemplang Panggang

Kemplang satu ini sesuai dengan namanya, yaitu Kemplang Panggang.  Kemplang panggang merupakan potongan dari pempek tersebut yang dijemur terlebih dahulu kemudian setelah kering lalu dipanggang diatas bara api.

 

Kemplang panggang ini tidak akan sebersih kemplang kerupuk dan getas.  Kemplang bakar identik dengan warna cokelat ketuaan dan  biasanya dinikmati dengan sambalnya.

 

BACA JUGA: Alhamdulillah, Mekanisme Tuntaskan PPPK 2023 Direstui Presiden Jokowi

 

Kemplang panggang khas palembang adalah kuliner atau makanan ringan jenis kerupuk, dan wong kito galo menyebutnya kemplang tunu, nah arti tunu adalah dibakar.

 

pelengkap dari kemplang panggang ini biasanya dimakan bersama sambal, dan biasanya ulekan cabe merah garam dan gula adalah khas cabenya yang disiram diatas kemplangnya.

 

 

4. Kerupuk Keriting

Sama seperti kemplang ataupun kerupuk, yang satu ini disebut keriting karena bentuknya seperti namanya keriting, berbentuk unik tapi rasanya tak kalah dengan dengan kemplang dan kerupuk lainnya.

 

BACA JUGA:Maaf, Tenaga Honorer Ini Tidak Masuk Kategori Diangkat Jadi PNS

 

Nama yang unik ini ternyata diambil dari bentuk kemplang itu sendiri, Kemplang keriting berbentuk bulat pipih keriting dan rasanya lebih renyah.

 

5. Kemplang mangkok

Kemplang mangkok sama seperti kemplang lainnhya berbentuk pipih tapi ada cembungnya sama seperi bentuk mangko berdiameter 6-7 cm.

 

Kerupuk kemplang umumnya terbuat dari ikan tenggiri, yang dicampur dengan tepung tapioka dan penyedap rasa lain, dikeringkan dan kemudian dipanggang atau digoreng.

 

Kemplang mangkok gak kalah enak dan unik ya teman-teman, jangan lupa icip-icip macam-macam kemplang ini ya.

 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warung Soto Legendaris di Palembang

 

Harga kemplang tergantung dari bahan dasarnya. Ada dua jenis ikan yang digunakan, yaitu ikan tenggiri dan ikan gabus. Jika kemplang terbuat dari ikan tenggiri, harganya akan lebih murah dibandingkan ikan gabus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: