Honda

Aksi Perusakan Masjid di Magelang, Ini Kesaksian Takmir Masjid

Aksi Perusakan Masjid di Magelang, Ini Kesaksian Takmir Masjid

Ilustrasi masjid. Aksi perusakan masjid yang videonya viral di media sosial rupanya terjadi di Masjid Al-Mahfudz di daerah Krandan, Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.-Rakyat Bengkulu-

BACA JUGA:Astaga! Imam Masjid Diserang Makmum Saat Pimpin Salat Magrib di Pondok Gede

"Kalau kejadian pertama itu, pelaku membasahi dengan air, seperti air kencing. Baunya sangat pesing, dan maaf ada kotoran manusia juga. Yang kejadian kedua pun sama. Polanya mirip-mirip seperti itu juga. Namun, ini (aksi) ketiga yang terparah," ungkapnya.

Ia mengatakan, pihaknya mencurigai aksi ini dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan kejiwaan.

Kecurigaan itu muncul karena sempat terlihat ada seorang perempuan memakai jilbab seakan-akan ingin melaksanakan ibadah salat.

Perempuan tersebut bukan warga sekitar masjid.

"Namun kami tetap menyerahkan ke pihak berwajib untuk menyelidiki. Kalau soal SARA, sepertinya tidak mungkin. Sejak dulu, setiap melakukan ibadah seperti pengajian selalu rukun dan lancar, tidak pernah ada konflik," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian terulang kembali, pihaknya bermaksud memasang CCTV di sekitar masjid.

"Kebetulan CCTV memang belum ada. Ke depan mau dipasang  agar tidak terjadi lagi aksi seperti ini. Dan, supaya  bisa juga mengetahui apa saja kegiatan atau aktivitas yang terjadi di masjid, untuk pemantauan juga," terangnya.

Ditemui terpisah, Kapolsek Salaman Iptu Sukarjo mengatakan sampai saat ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan. 

Dari lokasi kejadian, diamankan barang bukti pembatas jemaah dan Alquran.

"Sampai saat ini dalam penyelidikan. Kita sudah mengamankan barang bukti. Penyelidikan baik dari Polsek maupun Polresta," kata Sukarjo.

"Masyarakat sekitar atau takmir masjid itu menganggap pelakunya orang tidak waras atau ODGJ. Kejadian yang pertama, kedua itu ada, namun tidak sampai viral seperti ini," ujar dia.

Beredar video yang memperlihatkan sebuah masjid di Magelang, Jawa Tengah diduga diobrak-abrik pasangan suami istri, yang identitasnya belum dikethaui. 

Karpet yang menjadi tempat salat berserakan. 

Video itu viral di media sosial Instagram usai diunggah oleh akun @forumwartawanpolri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: