Honda

Kemenaker dan Kemensos Kompak Hapus Bansos Tahun 2023, Ini Daftarnya

Kemenaker dan Kemensos Kompak Hapus Bansos Tahun 2023, Ini Daftarnya

Bantuan Sosial tahun 2023-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenag) dan Kementerian Sosial (Kemensos) kompak akan menghapuskan sejumlah bantuan sosial (Bansos) ditahun 2023 mendatang. 

Hal ini diketahui setelah Pemerintah Menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023. 

Ada beberapa bansos yang akan dihapus atau tidak lagi dicairkan pada tahun 2023 mendatang. Seperti program Bantuan Subsidi Upah dari Kemenaker yang akan berakhir pada Desember 2022 dan diperkirakan tidak akan dilanjutkan pada tahun 2023 mendatang. 

Ada juga program dari Kemensos yaitu penyaluran Bantuan Langsung Tunai/BLT BBM, Program Keluarga Harapan/PKH dan juga BPNT yang masih disalurkan ditahun 2022 ini. 

BACA JUGA:Buruan! Masih Ada Kesempatan Daftar Online Bansos PKH Rp600.000, Cukup Pakai KTP dan Kartu Keluarga

BACA JUGA:Bansos BBM Dihapus Tahun Depan Sementara Harga BBM Terus Naik, Berikut Update Daftar Harga Seluruh Indonesia

Pada tahun 2023, dana bansos yang bersumber dari APBN akan dicoret pada tahun 2023 mendatang setelah diumumkannya APBN 2023 yang diprediksi meningkat serta ancaman resesi global yang sudah di depan mata. 

Jika tahun 2022 ada sejumlah bansos yang disalurkan pemerintah dalam rangka penanganan pandemi covid-19, ditahun 2023 mendatang bantuan sosial ini kemungkinan akan dihapus atau diganti dengan program baru sesuai situasi yang terjadi. 

Dikutip dari kanal Youtube PKH Reportase, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengumumkan APBN Indonesia tahun 2023 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022. 

Menurut Menkeu Sri Mulyani, ada anggaran sekitar Rp476 triliun yang disiapkan oleh pemerintah dalam rangka perlindungan sosial atau pemberian bansos 2023.

BACA JUGA:1 Pekan Lagi Seluruh Bansos Kemensos Harus Cair, Buruan Cek Nama Kamu di bansos.kemensos.go.id

BACA JUGA:Kabar Gembira, Gaji PNS Naik 5 Persen, Gaji Pokok Bisa Rp5,9 Juta

Berdasarkan informasi tersebut nominal anggaran Rp 476 triliun nantinya akan dibagi ke alokasi Bansos ditahun 2023.

Lalu Bansos atau program kemensos serta Kemnaker yang tidak masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2023 yang telah diketok palu adalah sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: