Honda

7 Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Indonesia, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

7 Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Indonesia, Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

Farm House Lemabang, salah satu rekomendasi tempat wisata anak di Indonesia--google maps

PALEMBANG, PALPRES.COM – Selain dikenal dengan kekayaan alamnya, Indonesia juga dikenal dengan tempat wisata yang edukatif dan ramah anak yang cocok untuk dikunjungi.

Apalagi pada momen liburan sekolah ini, banyak perantau atau pendatang yang mengajak anak bahkan keluarganya untuk menghabiskan waktu berlibur di akhir tahun dengan mengunjungi tempat wisata.

Tidak hanya menawarkan suasana yang menyenangkan, namun ditempat-tempat wisata ini anak-anak bisa sambil belajar tentang berbagai hal.

Sehingga dapat memberikan pengalaman liburan anak menjadi lebih berkesan. Pasalnya, anak tidak hanya sekadar bermain, namun juga mendapat banyak pengetahuan baru dari liburannya.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Sungai di Indonesia yang Menarik Dijelajahi, Ada Sungai Musi Palembang Lho!

Walau begitu, orangtua juga pintar-pintar dalam memilih sebuah destinasi berlibur anak. Sebab, tidak sekadar asyik dan seru, orangtua harus memerhatikan suatu destinasi wisata ramah anak atau tidak.

Bahkan Komisi Perlindungan Anak (KPAI), menyebutkan ada empat kriteria destinasi wisata disebut ramah anak.

Hal ini meliputi keamanan, keselamatan, layanan, dan kepatuhan. Penyelenggara dan manajemen atraksi wisata harus memastikan jika sebuah wahana memberikan rasa aman dan nyaman untuk liburan anak, dengan mengutamakan aspek keselamatan jiwa.

Selain itu, fasilitas di destinasi wisata pun juga harus mudah diakses dan tidak membahayakan anak. Tak kalah penting, sebuah destinasi wisata ramah anak juga harus memiliki pelayanan security system berbasis kebutuhan anak.

BACA JUGA:Keren! 7 Pesona Wisata Indonesia Ini, Jadi Rekomendasi Tempat Liburan Pesohor Dunia

Hingga saat ini telah banyak destinasi wisata ramah anak di Indonesia.

Berikut ini beberapa destinasi wisata ramah anak dari berbagai kota di Indonesia yang dikutip dari kemenparekraf.

1. Farmhouse Lembang

Sesuai namanya, Farmhouse Lembang merupakan objek wisata bertema peternakan bergaya Eropa. Di Farmhouse anak-anak dapat melihat beberapa hewan ternak, seperti kelinci, domba, sapi, burung, dan hewan lainnya.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan anak di Farmhouse adalah memberi makan hewan ternak dengan pakan yang telah disediakan.

BACA JUGA:3 Wisata Sumsel Ini Masuk 100 Paket Wisata Nusantara dari Kemenparekraf

Selain itu, anak-anak juga bisa diajak berswafoto memakai busana khas Eropa di Farmhouse Lembang, dengan latar bangunan bergaya Eropa dan rumah kurcaci.

Selesai berkeliling, anak juga bisa menikmati segarnya susu khas Lembang yang masih fresh secara gratis!

2. Taman Pintar Yogyakarta

Taman pintar merupakan salah satu destinasi wisata edutainment ramah anak favorit di Yogyakarta.

Destinasi wisata ini telah mengantongi sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut 3 Destinasi Wisata Jadi Andalan Sedot Wisatawan Mancanegara, Indahnya Kebangetan!

Tempat ini memiliki science teater di mana anak bisa menambah ilmu terkait sains, belajar alat peraga fisika, hingga mengenal dunia astronomi.

Anak-anak juga dapat mengetahui dan mengenal berbagai hal menarik, mulai dari zona kehidupan purba hingga menonton film mengenai letak tata surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: