Honda

3 Ruas Tol Ini Bakal Diterapkan Rekayasa Contra Flow Hingga One Way pada Nataru 2023

3 Ruas Tol Ini Bakal Diterapkan Rekayasa Contra Flow Hingga One Way pada Nataru 2023

Pengendara yang akan melintasi Tol Kapal-Betung pada periode natal dan tahun baru 2023 akan mendapatkan potongan harga biaya masuk tol--jasamarga.com

JAKARTA, PALPRES.COM – Kepolisian Republik Indonesia mulai mempersiapkan strategi agar rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 berjalan aman dan lancar.

Salah satu poin yang menjadi fokus Polri terkait dengan transportasi arus mudik dan arus balik.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa pemerintah telah memiliki pola untuk mengaturnya agar berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolri memperkirakan, selama libur Nataru akan ada sekitar 44,17 juta orang yang akan melaksanakan perjalanan, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara.

BACA JUGA:Inilah Deretan Proyek Strategis yang Digarap Hutama Karya di IKN Nusantara

BACA JUGA:Ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dibuka Gratis Lusa Nanti, 23 Desember 2022

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden terkait dengan persiapan libur Nataru untuk memastikan terselenggara dengan lancar, aman, dan baik,” ujar Kapolri selepas mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, 19 Desember 2022.

Khusus jalur darat, sambung Kapolri, pihaknya melihat pengalaman pada saat pelaksanaan Idulfitri 1443 H.

Untuk itulah, strategi yang dilakukan berupa mengatur pola kepadatan arus kendaraan termasuk di jalan tol.

“Artinya, pada saat memang situasi sangat padat khusus di jalan tol, tentu akan kita berlakukan proses rekayasa mulai dari contra flow sampai dengan one way atau satu arah,” jelas Kapolri.

BACA JUGA: Daftar 10 Jalan Tol Siap Beroperasi Jelang Libur Nataru 2023

Pada perayaan idulfitri kemarin, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat peningkatan volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia sebesar 19,03% pada periode Semester 1 Tahun 2022.

Jika dibandingkan dengan LHR periode Semester 1 Tahun 2021, yaitu dari 2,7 juta menjadi 3,25 juta kendaraan tiap harinya.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: