Honda

Monitor Lalu Lintas Pelayaran, Bid Tik Polda Sumsel Jalin Komunikasi dengan VTS Distrik Navigasi

Monitor Lalu Lintas Pelayaran, Bid Tik Polda Sumsel Jalin Komunikasi dengan VTS Distrik Navigasi

Manager VTS Merry Dhani menjelaskan mengenai seputar kegiatan VTS Distrik Navigasi Palembang kepada Bid Tik Polda Sumsel.-Humas Polda Sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Keberadaan Vessel Traffic Services (VTS) Distrik Navigasi Palembang yang terintegrasi sangat dibutuhkan, untuk memonitor lalu lintas pelayaran serta mendorong efisiensi bernavigasi.

Sehingga dapat menurunkan resiko kecelakaan kapal serta mampu memberikan rasa aman bagi pengguna jasa pelayaran, di wilayah perairan Polda Sumatera Selatan.

Terkait hal itu, Kasubbid Tekinfo, AKBP Sutrisno dan Kasubbid TEKKOM, Kompol Surapati dan Bid TIK Polda Sumsel melakukan kunjungan silahturahmi ke kantor VTS Distrik Navigasi Palembang.

“Kedatangan kita ingin melihat secara langsung bagaimana operasional para operator yang berada di Room VTS lantai 8 melakukan pengawasan, pemantauan serta memberikan informasi melalui Radio VHF terhadap kapal-kapal yang hilir mudik di perairan Sumsel, Rabu 21 Desember 2022.

BACA JUGA:Giliran Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Dapat Saldo Dana Gratis Tahun 2023, Ini Kriterianya

Didampingi para staf VTS Distrik Navigasi Palembang, diantaranya Kabid Operasi Pramudji Permadi, Kasi Sarpras Operasi Darmapala dan Manager VTS Merry Dhani dapat melihat sarana prasana ITE (perangkat,red).

“Penjelasan dari para staf VTS yang kita dapatkan, bahwa keberadaan ruang monitoring tersebut bertujuan untuk memonitor lalulintas dan alur lalulintas pelayaran di wilayah kerja yang meliputi wilayah Propinsi Sumsel, Babel dan Jambi,“ katanya.

Hal ini untuk meningkatkan keamanan lalulintas pelayaran, memberikan perlindungan lingkungan maritim terhadap kapal-kapal yang melakukan olah gerak.

Lalu, pengamatan pendeteksian dan penjejakan kapal di wilayah cakupan kapal, memberikan pelayanan dalam pengaturan informasi umum terkait kondisi alur, cuaca dan berita marabahaya serta membantu kapal-kapal yang memerlukan bantuan khusus.

BACA JUGA:Download Aplikasi JMO Langsung Dapat Saldo Dana Gratis Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan, Cek Syaratnya

Sementara itu, Kabid TIK Polda Sumsel Kombes Pol Rio Nababan mengatakan, bahwa cakupan kinerja VTS Distrik Navigasi Palembang yang sangat luas.

“Kita harapkan kedepan Bid TIK Polda Sumsel dan VTS Distrik Navigasi Palembang dapat bekerja sama terkait tugas-tugas yang menunjang kinerja Kepolisian, khususnya dalam hal ITE (mirroring,red),” tutupnya.   

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com