Honda

Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Pasangan pribumi Palembang mengenakan pakaian adat Palembang yang bernama Aesan, ca 1850an-1900an--wikipedia

BACA JUGA:Khusus Kaum Rebahan Nih, Main Game Dapat Saldo DANA Gratis Rp65.000 Setiap Hari

Kabupaten ini dikenal masyarakat dengan semboyan atau slogan “Mati Dem Asal Ngetop” yang artinya (Rela Mati Asal Meninggalkan Nama Baik). Dalam kehidupan sehari-hari, daerah Bumi Serasan Sekate ini menggunakan bahasa Musi sebagai sarana komumikasinya.

Bahasa Musi termasuk rumpun bahasa Malayu yang mempunyai ciri-ciri menggunakan bunyi huruf e pada akhir kata, misalnya “kemana menjadi kemane”.

Suku Musi terkonsentrasi di sepanjang Aliran Sungai Musi, Sungai Batalke (Batang Hari Leko) dan Sungai Keruh diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin, sebagian Kabupaten Musi Rawas, sebagian Kabupaten Banyuasin dan Sebagian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Provinsi Sumatera Selatan.

Di Kabupaten Musi Banyuasin terdapat suku musi (45.86%), jawa (29.11%), banyuasin (13.27%).

BACA JUGA:Langsung Cair! Saldo DANA Gratis Rp350 Ribu Hanya dengan Nonton YouTube, Yuk Coba Sekarang

7. Banyuasin

Nama kabupaten ini berasal dari nama Sungai Banyuasin, yang melintasi wilayah kabupaten ini dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Perkataan Banyuasin sendiri berasal dari istilah Bahasa Melayu Palembang yang merupakan perkataan pinjaman dari bahasa Jawa yakni banyu (air) dan asin, merujuk pada kualitas air sungai tersebut yang masin rasanya, terutama ke arah pantai.

Luas Kabupaten Banyuasin 11.875 km2 di mana terdapat beberapa suku yang menetap di kabupaten ini, antara lain jawa (37.04%), banyuasin (27.95%), palembang (11.30%), musi (10.45%), bugis (3.47%).

BACA JUGA:Langsung Cair! Begini Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Rp600 Ribu Buat Modal Tahun Baruan

8. Ogan Komering Ulu Selatan

Kabupaten Ogan Komering Ulu merupakan salah satu dari 17 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Selatan yang berada di bagian Selatan dengan jarak sekitar 200 Km dari Ibu Kota Propinsi.

Secara geografis Kabupaten Ogan Komering Ulu terletak di antara 103°25′ sampai dengan 104°50′ Bujur Barat (Grid UTM 9.655 Kilometer sampai dengan 9.799 Kilometer) dan 3°40′ sampai dengan 4°55′ Lintang Selatan (Grid UTM 320 Kilometer sampai dengan 404 Kilometer).

Kabupaten Ogan Komering Ulu terletak pada posisi yang cukup strategis karena dihubungkan oleh sistem jaringan jalan anteri primier Lintas Tengab Sumatera di Provinsi Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: