Honda

Kenali Aplikasi Absen Android, Mulai dari Pengertian, Keunggulan, dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Kenali Aplikasi Absen Android, Mulai dari Pengertian, Keunggulan, dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Kini banyak sekali perusahaan yang telah mengganti sistem mereka yang awalnya menggunakan metode manual menjadi menerapkan sistem berbasis online.--internet

PALEMBANG, PALPRES.COM - aplikasi absen android memang saat ini menjadi pilihan banyak orang yang cukup populer.

Terlebih lagi seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang telah berkembang dengan sangat pesat di era digital saat ini.

Selanjutnya, kemajuan teknologi tersebut secara perlahan-lahan mulai mengubah kegiatan sehari hari.

Sebagai salah satu bukti paling nyata yang terlihat saat ini adalah dalam dunia kerja di mana kini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang telah mengganti sistem mereka yang awalnya menggunakan metode manual menjadi menerapkan sistem berbasis online, seperti penggunaan metode aplikasi absen android.

BACA JUGA:Gagalkan 14 Kasus Penyelundupan BBL, Ditreskrimsus Polda Sumsel Selamatkan Uang Negara Rp 111 M

Banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang lebih menyukai penggunaan sistem seperti ini karena ada begitu banyak keunggulan dan manfaat yang bisa dirasakan.

Salah satunya adalah aplikasi absen android ini akan memastikan jika perhitungan dan rekapitulasi data setiap karyawan perusahaan akan tercatat rapi dan efisien dalam penggunaan waktu.

Jika dibandingkan dengan penggunaan absensi dengan metode manual, aplikasi absen android ini jauh lebih aman karena semua rekapitulasi data karyawan perusahaan akan langsung dimasukkan ke dalam database perusahaan.

Karena kini begitu banyak perusahaan yang menerapkan penggunaan aplikasi absen android ini, Anda pun bisa menemukannya dengan sangat mudah.

BACA JUGA:Download Aplikasi JMO Langsung Dapat Saldo Dana Gratis Rp10 Juta dari BPJS Ketenagakerjaan, Cek Syaratnya

Jika Anda belum menggunakan metode aplikasi absen android ini, ada baiknya untuk terus membaca penjelasan tentang penggunaan aplikasi absensi berbasis online agar Anda mengetahui manfaat apa saja yang bisa dirasakan.

Mengenal Aplikasi Absen Android

Mungkin bagi suatu perusahaan atau instansi pemerintahan yang baru saja ingin memulai menggunakan aplikasi berbasis digital pasti akan merasa cukup bingung dan memiliki banyak pertimbangan.

Apakah perusahaan atau instansi mereka harus menerapkan metode absensi dengan sistem aplikasi absen android ini atau apakah perusahaan mereka akan cocok dengan penerapan metode aplikasi absen android? 

BACA JUGA:Libur Sekolah Sudah Dekat, Yuk Cek Jadwal Libur Sekolah Jelang Akhir Tahun 2022

Tetapi, tidak sedikit juga banyak perusahaan maupun instansi yang ragu untuk mulai menggunakan metode absensi satu ini karena khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Seperti yang Anda tahu bahwa penggunaan metode absensi dengan sistem aplikasi absen android secara full akan menggunakan teknologi, tentu tidak sedikit orang akan berpikir jika biaya yang harus dikeluar tersebut tidaklah sedikit.

Padahal kenyataannya, aplikasi absen android ini membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan perusahaan maupun instansi menggunakan metode absensi dengan sistem konvensional, bahkan tidak sedikit aplikasi absen android ini tidak memerlukan biaya sedikitpun atau gratis.

Jika melihat bagaimana penggunaan metode absensi dengan sistem penggunaan aplikasi absen android ini sama dengan metode absensi konvensional.

Absensi berbasis android dan IOs ini merupakan suatu sistem yang akan melakukan catatan jam kehadiran dari setiap karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan melalui suatu aplikasi.

Anda dapat menggunakan perangkat seperti ponsel dan website jika Anda menggunakan komputer, laptop, maupun tablet.

Memang secara penggunaan pun sangat efisien dan fleksibel karena setiap karyawan bisa menggunakannya dengan perangkat yang bisa digunakan sehari hari selama perangkat tersebut terkoneksi dan memiliki jaringan internet yang baik.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan karyawan perusahaan yang memang memiliki pekerjaan di luar kantor sehingga mereka tidak perlu lagi kembali ke kantor hanya untuk melakukan absen kehadiran ataupun keluar jam kantor.

Dengan penggunaan aplikasi absen android ini akan membuat kinerja lebih produktif karena ketika jam mereka seharusnya melakukan absen masuk atau keluar kantor bisa mereka gunakan untuk melakukan pekerjaan yang lain.

 

Hal tersebut pun tidak hanya berlaku untuk seorang karyawan yang memiliki pekerjaan lebih banyak di luar kantor, bahkan staf HRD perusahaan pun juga akan sangat terbantu karena jika melakukan rekapitulasi secara manual ini ada banyak sekali waktu yang diperlukan di mana ini sangat tidak efisien karena staf HRD tentunya juga memiliki pekerjaan yang lainnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas jika penggunaan metode absensi berbasis online ini akan membuat setiap data yang masuk dan direkam oleh aplikasi akan langsung dihitung dan di rekapitulasi lalu dimasukkan ke dalam database dengan aman.

Untuk penggunaan aplikasi absensi berbasis android dan IOs ini pun pada dasarnya sangat lah mudah karena setiap karyawan yang sudah memiliki aplikasi ini pada perangkat mereka hanya memerlukan username dan password yang Anda miliki jika ingin melakukan absensi pada aplikasi tersebut.

Keunggulan Fitur Aplikasi Absen Android

Sistem absensi dengan menggunakan metode aplikasi absen android ini merupakan sebuah sistem yang akan melakukan catatan kehadiran dari karyawan perusahaan. Akan tetapi, sistem pencatatan atau rekapitulasi data tersebut akan dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh perusahaan yang bersangkutan sehingga antara satu perusahaan dan perusahaan yang lain tentunya tidak memiliki ketentuan dan syarat yang sama.

Selain itu, akan mengatur setiap data karyawan perusahaan, aplikasi absensi berbasis online satu ini juga memiliki banyak fitur keunggulan lain yang akan semakin memudahkan perusahaan. Dengan beberapa fitur yang tersedia tersebut tentu akan memudahkan perusahaan khususnya staf HRD yang memang mengurus pekerjaan ini sehingga bisa selesai dalam waktu yang cepat, apalagi jika perusahaan memang memiliki jumlah karyawan yang banyak.

Lalu apa saja fitur fitur yang biasanya tersedia di dalam sistem aplikasi absen android ini? Berikut adalah beberapa fitur menarik yang mungkin belum Anda ketahui, antara lain:

1. Memiliki Fitur Pencatatan Waktu Datang dan Waktu Pulang Karyawan Perusahaan

Aplikasi absensi berbasis online ini akan secara otomatis melakukan rekapitulasi sehingga fitur pencatatan dari waktu datang maupun pulang dari karyawan perusahaan akan secara otomatis hadir di dalam aplikasi. Naninya, aplikasi ini akan secara otomatis melakukan rekapitulasi secara rapi dan menghitung data tersebut.

2. Fitur Waktu Terlambat

Bahkan, menariknya dari aplikasi absen android ini memiliki suatu fitur waktu keterlambatan sehingga ketika seorang karyawan perusahaan maupun instansi pemerintah terlambat ketika melakukan absen maka aplikasi ini akan langsung mencatat hal tersebut.

3. Melakukan Izin atau Cuti

Salah satu hal menarik dari penggunaan aplikasi absen android ini adalah setiap karyawan bisa melakukan pengajuan izin atau cuti hanya melalui aplikasi ini saja. Tentu hal ini akan sangat membantu setiap karyawan karena karyawan perusahaan maupun instansi pemerintahan sudah tidak perlu lagi melakukan pengajuan cuti maupun izin dengan membuat surat keterangan dan menghadap ke pimpinan perusahaan atau instansi terkait. Hal ini bisa dikatakan jauh lebih efisien dan sangat membantu karyawan.

4. Adanya Remote Working

Jika perusahaan yang dijalankan memiliki konsep di mana setiap karyawan harus bekerja di luar kantor atau secara remote dengan bekerja di rumah, maka penggunaan aplikasi absensi online sangat membantu. Apalagi, di era pandemi Covid-19 di mana interaksi harus sangat dibatasi tentu tidak sedikit perusahaan maupun instansi yang memutuskan untuk menerapkan WFH atau work from home kepada para pekerja mereka.

Dengan penggunaan aplikasi ini, tidak hanya membantu setiap karyawan untuk melakukan absensi dengan cara yang lebih mudah di mana mereka sudah tidak perlu ke kantor lagi. Tetapi, perusahaan juga akan diuntungkan karena pada dasarnya perusahaan juga bisa melakukan monitor kepada karyawan mereka tentang bagaimana pekerjaan yang mereka lakukan apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Absen Android

Seperti yang diketahui jika manfaat atau keunggulan dari penggunaan aplikasi absen berbasis online ini lebih banyak dibandingkan ketika perusahaan maupun instansi pemerintah menggunakan metode absen dengan sistem konvensional. Melihat bagaimana keunggulan serta manfaat yang diberikan tentu saja rasanya tidak mengherankan jika saat ini dalam penggunaannya sistem aplikasi absensi berbasis online lebih banyak dipilih jika dibandingkan dengan penggunaan absensi dengan metode konvensional.

Lalu, apa saja manfaat yang diberikan oleh penggunaan aplikasi absen android ini jika dibandingkan dengan metode absensi dengan sistem konvensional? Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan absensi berbasis online yang menjadi alasan banyak perusahaan maupun instansi pemerintah yang menggunakannya, antara lain:

1. Mudah Untuk Digunakan

Keunggulan dari penggunaan aplikasi absensi secara online ini salah satunya adalah setiap report atau pemberitahuan data karyawan ini akan dilakukan secara real time. Setiap data yang masuk atau ingin dicek oleh staf HRD perusahaan pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama perangkat yang memiliki aplikasi tersebut telah terkoneksi dengan baik dengan sambungan internet.

Setiap data yang masuk bisa langsung dicek, bahkan jika perusahaan tersebut memiliki sebuah cabang atau seorang karyawan yang melakukan pekerjaan mereka di lokasi yang berbeda beda atau sedang melakukan pekerjaan secara remote working. Tidak hanya itu, penggunaan dari aplikasi absen berbasis online ini pun menariknya juga bisa melakukan tracking terhadap beberapa karyawan perusahaan maupun instansi pemerintah yang secara sengaja tidak masuk kantor tanpa ada alasan yang jelas atau melakukan bolos.

Hal ini pun akan membuat perusahaan atau instansi terkait dapat menentukan kira kira langkah sanksi seperti apa yang akan diberikan kepada karyawan tersebut.

2. Bisa mencegah Terjadinya Karyawan Lupa Melakukan Absen

Ketika perusahaan menerapkan penggunaan metode absensi dengan sistem konvensional seperti dengan mesin sidik jari atau check lock, tidak jarang hal ini akan membuat sebagian orang akan lebih mudah lupa untuk melakukan absensi baik ketika masuk maupun keluar kantor. Hal ini pun akan membuat data absen karyawan tersebut terlewat atau tidak akan masuk ke dalam sistem.

Oleh karena itu, ketika ada seorang karyawan yang telat atau lupa melakukan absen maka mereka akan datang kembali ke kantor untuk melakukan absensi dan tentu saja waktu absen tersebut tidak sesuai dengan ketentuan dari jam yang sudah ditetapkan oleh perusahaan maupun instansi.

Akan tetapi, ketika perusahaan maupun instansi menggunakan bantuan aplikasi absen android ini maka risiko kelupaan tersebut bisa diminimalisir karena pada dasarnya setiap karyawan akan melakukan absen ketika jam pulang kantor sehingga hal seperti ini tentu akan sangat membantu memudahkan pekerjaan dan waktu yang diperlukan pun cepat.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa saja keunggulan dari aplikasi absen android yang menjadi alasan banyak perusahaan memutuskan untuk menggunakan aplikasi satu ini untuk perusahaan maupun instansi mereka. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika aplikasi absen android ini telah begitu banyak dikembangkan dan Anda pun bisa menemukan aplikasi berbasis online ini dengan mudah, salah satunya adalah aplikasi absen android dan IOs talenta dari mekari.

Aplikasi absen android dan IOs satu ini merupakan suatu aplikasi HRIS dan memiliki sistem teknologi berbasis cloud. Untuk masalah fitur yang disediakan pun Anda tidak perlu khawatir karena ada begitu banyak fitur yang disediakan untuk memudahkan pekerjaan staf HRD perusahaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: