Honda

Simak Bagaimana Aplikasi Slip Gaji dapat Bantu Pengelolaan Gaji Karyawan Lebih Mudah

Simak Bagaimana Aplikasi Slip Gaji dapat Bantu Pengelolaan Gaji Karyawan Lebih Mudah

Aplikasi Slip Gaji, Bantu Pengelolaan Gaji Karyawan Lebih Mudah.--internet

PALEMBANG, PALPRES.COM - Slip gaji karyawan adalah dokumen penting yang diberikan perusahaan pada karyawan sebagai bukti pembayaran dan bentuk pertanggungjawaban sebagai latar dari adanya aplikasi slip gaji.

Berdasarkan PP No. 78 Tahun 2015 pasal 17 ayat 2 tentang pengupahan, pengusaha atau perusahaan wajib memberikan slip gaji sederhana yang memuat rincian upah karyawan.

Setiap tanggal penggajian, staf manajemen karyawan akan menyusun serta mengedarkan payslip, baik diminta ataupun tidak.

Tujuan dan Fungsi adanya Aplikasi Slip Gaji Karyawan

BACA JUGA:Kenali Aplikasi Absen Android, Mulai dari Pengertian, Keunggulan, dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Tujuan adanya Aplikasi Slip Gaji pada karyawan untuk memberikan bukti tertulis bahwa perusahaan telah menunaikan kewajibannya.

Meskipun tampak sepele, faktanya slip gaji memiliki beragam fungsi yang akan memudahkan perusahaan mengelola keuangan.

Adapun fungsi payslip, antara lain:

• Sebagai bukti gaji karyawan telah dibayar perusahaan sebesar nominal yang tertera pada payslip.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolres Terima Laporan Langsung Jamaah Masjid

• Mendukung transparansi penggajian sehingga setiap karyawan mengetahui informasi perhitungan gaji secara detail.

• Sebagai dokumen sah yang dapat digunakan untuk beragam tujuan, seperti pengajuan kredit kendaraan, KTA, atau cicilan rumah. 

• Bagi karyawan, payslip dapat dijadikan sebagai referensi ketika melamar pekerjaan dengan posisi lebih tinggi. 

Seberapa Penting Aplikasi Slip Gaji Pada Karyawan?

Pemberian payslip tergolong penting, baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Bagi perusahaan, payslip menjadi bukti telah menyelesaikan kewajiban.

Apabila terjadi masalah terkait hak karyawan, perusahaan dapat dengan mudah mengeluarkan bukti sah pembayaran. 

Payslip juga bisa menjadi pedoman untuk alokasi anggaran gaji karyawan, termasuk pertimbangan kebijakan perusahaan di bidang keuangan.

Pemberian payslip pada karyawan menandakan bahwa perusahaan bersikap transparan.

Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. 

Bagi karyawan, payslip dapat digunakan sebagai informasi rincian perhitungan gaji.

Payslip juga dapat memudahkan karyawan mengajukan kredit perbankan atau melengkapi dokumen untuk pekerjaan baru.

Apabila perusahaan tidak memberikan bukti pembayaran gaji, sebagai karyawan Anda berhak memintanya. 

Ini Informasi Penting yang Harus Dicantumkan pada Aplikasi Slip Gaji

Sebenarnya, cara membuat slip gaji tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Hal utama yang wajib dipahami adalah terkait format slip gaji. Pada dasarnya, format payslip konvensional dan online tidak berbeda jauh.

Keduanya berisikan sejumlah informasi pokok mengenai identitas pemberi kerja hingga rincian gaji.

Hal yang membedakan terletak pada proses penyusunan, pendistribusian, dan keamanan data.

Adapun sejumlah informasi yang wajib tercantum dalam payslip, antara lain:

• Identitas pemberi kerja, meliputi nama lengkap, alamat perusahaan, kontak, dan logo perusahaan.

• Identitas karyawan, meliputi nama lengkap, Nomor Induk Karyawan (NIK), jabatan, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

• Tanggal pembayaran gaji lengkap dengan informasi pembuat payslip.

• Rincian gaji karyawan, meliputi gaji pokok, tunjangan (uang makan, transportasi, karier, serta tunjangan tetap dan tidak tetap), potongan gaji (PPh 21, iuran BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan), denda, serta uang lembur, komisi, dan bonus tahunan (jika ada).

Kelola Slip Gaji dengan Aplikasi Slip Gaji

Aplikasi slip gaji adalah jenis software yang memudahkan perusahaan dalam menghitung gaji karyawan mereka.

Seringkali perhitungan tersebut juga memasukan unsur data kehadiran karyawan, lembur, uang makan, tunjangan, BPJS dan PPh ps 21.

Software ini biasanya tergabung atau menjadi bagian dari HRIS (Human Resource Information System) yang digunakan oleh perusahaan. 

Dengan software penggajian ini, perusahaan dapat dengan mudah menghitung gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan berdasarkan perhitungan data jam kerja atau kehadiran yang sudah diintegrasikan dalam sistem.

Kemudian sistem tersebut akan otomatis menarik gaji atau dana deposito perusahaan ke rekening karyawan yang sudah didaftarkan.

Banyak perusahaan menggunakan aplikasi slip gaji terutama karena ia mampu menghitung pajak atau potongan tertentu sebelum jumlah gaji ditotal dan dibayarkan kepada karyawan.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Aplikasi Slip Gaji? 

Proses penggajian yang dilakukan setiap bulan harus dikerjakan secara akurat dan teratur tanpa adanya kesalahan.

Untuk itu, berinvestasi dalam penggunaan aplikasi slip gaji adalah sesuatu yang tidak boleh Anda anggap remeh, apalagi jika Anda memiliki perusahaan besar.

Perusahaan tak perlu lagi khawatir akan terjadinya kesalahan perhitungan dan pengiriman gaji dengan menggunakan software ini karena dapat diselesaikan secara langsung oleh sistem.

Keuntungan yang Didapat Dari Aplikasi Slip Gaji

Payslip konvensional dibuat menggunakan program spreadsheet Microsoft Excel yang hasilnya dicetak dan diberikan ke seluruh karyawan dalam amplop tertutup. Hal ini bukan hanya menghabiskan banyak biaya pembelian kertas dan tinta, melainkan juga tidak efisien waktu. Perkembangan teknologi yang pesat mendorong terciptanya aplikasi penggajian yang dinilai lebih praktis daripada cara konvensional. 

Dalam praktik modern, sebagian besar pebisnis telah meninggalkan cara konvensional karena dianggap tidak efisien. Cara konvensional menyulitkan perusahaan karena harus menyediakan anggaran untuk mencetak payslip dan memberikan uang lembur pada staf yang bertanggung jawab. Berbeda dengan cara manual, payslip online berbasis teknologi yang dilengkapi ruang penyimpanan besar sehingga proses pengelolaan dan penyimpanan data gaji karyawan lebih aman. 

Payslip modern menggunakan format digital yang dapat dikirim melalui email masing-masing karyawan. E-payslip dapat diakses kapan pun oleh karyawan bersangkutan. Berbekal software atau aplikasi, Anda akan mendapat sejumlah keuntungan berikut ini.

● Pendataan yang jelas

Jika membicarakan mengenai keuangan, tentu menjadi hal yang sensitif bagi sebagian orang. Bila perusahaan memiliki cukup banyak karyawan, aplikasi penggajian karyawan ini juga dapat memberikan fitur kemudahan dalam perhitungan dan juga pendataan pembayaran karyawan yang mudah dan pasti. Aplikasi ini dapat dengan otomatis mencatat biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menggaji para karyawannya. Dengan penggunaan dari sistem payroll atau aplikasi penggajian ini dapat meminimalisir kesalahan pada aspek hitung.

● Penyimpanan arsip informasi aman dan terpercaya

Dengan aplikasi slip gaji,pengarsipan data yang disampaikan kepada karyawan menjadi mudah untuk dilakukan secara online. Kemungkinan pada hal ini menjadikan file tahan lebih lama dari pada disimpan dengan bentuk kertas atau fisik.potensi kerusakan pada file menjadi lebih kecil. Karena tidak terpengaruh dengan kondisi di luar.

● Akses dan transparansi perhitungan gaji

Aplikasi yang memiliki fitur slip gaji biasanya mengizinkan karyawan dan manajer untuk mengakses riwayat dan data gaji terbaru. Bisa melalui mobile ataupun komputer mereka. Dengan aplikasi slip gaji maka semakin memungkinkan perusahaan untuk memberikan banyak detail dalam data yang tertulis pada slip gaji. Dengan hal ini karyawan jadi bisa mengecek apabila terjadi kesalahan catat, bisa langsung dikoreksi dan disampaikan kepada bagian terkait.

● Akurasi data

Pencatatan yang dilakukan secara otomatis oleh sistem setelah dilakukannya perhitungan saat menggaji karyawan. Membuat data yang ada pada aplikasi tersebut menjadi akurat.  Sistem pembayaran yang telah disesuaikan akan menghitung secara otomatis gaji yang akan diterima oleh karyawan. Data ini dapat diupdate secara realtime sehingga perusahaan dapat memantau dan mengawasi keuangan terutama pada sistem penggajian. Akurasi data yang diberikan oleh aplikasi ini tentu sangat menguntungkan bagi perhitungan keuangan perusahaan.

● Menghitung Potongan dan Jumlah Gaji

Setelah jumlah gaji kotor telah ditentukan, sistem secara otomatis menghitung potongan seperti pajak, asuransi dan BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan. Semua potongan tersebut akan dimasukkan langsung ke jumlah gaji kotor sebelum secara otomatis dikirim ke rekening karyawan. Bahkan, beberapa sistem aplikasi slip gaji tertentu dapat menyertakan penggantian biaya reimbursement, pengobatan yang tak menggunakan BPJS dan pengeluaran karyawan lainnya secara otomatis. 

● Membuat Formulir Pajak 

Ada beberapa Aplikasi slip gaji yang mampu membuat formulir pajak sesuai kebutuhan perusahaan dan karyawan. Formulir pajak tersebut kemudian bisa dicetak atau dikirim ke pihak bersangkutan. 

● Menyimpan Data Secara Otomatis dan Aman 

Menyimpan data secara manual akan memakan banyak waktu, sulit dilakukan dan membutuhkan banyak kertas serta tempat penyimpanan. Mengingat aplikasi slip gaji dijalankan menggunakan sistem, maka perusahaan tak perlu lagi repot mempersiapkan beberapa hal tersebut. Data lama juga bisa dihapus dengan mudah jika sudah tak diperlukan. 

● Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Tidak semua perusahaan memiliki kebutuhan yang sama, dan perusahaan bisa menyesuaikannya dengan sistem aplikasi slip gaji yang dipilih. Perusahaan dapat menyampaikan kebutuhan mereka pada vendor masing-masing. Misalnya saja perusahaan kecil hanya membutuhkan sedikit fitur daripada perusahaan besar mengingat jumlah karyawan dan kebutuhan yang belum terlalu besar. Atau di sisi lain, perusahaan besar ingin berinvestasi pada aplikasi slip gaji yang mampu terintegrasi dengan aspek perencanaan dan pengelolaan sumber daya lainnya, seperti fungsi pengelolaan absensi, penjadwalan, perizinan dan lainnya. 

● Self-Service 

Penggunaan aplikasi slip gaji memungkinkan karyawan untuk secara langsung mengakses data informasi mengenai jumlah gaji, potongan, waktu kerja, bonus dan lainnya. Fitur ini juga memungkinkan karyawan yang ingin mengajukan sesuatu secara otomatis tanpa harus membuat surat permohonan kepada HRD.

Buat Aplikasi Slip Gaji Karyawan Otomatis di Aplikasi Mekari Talenta

Apabila Anda merupakan seorang pebisnis atau memiliki perusahaan dengan jumlah karyawan banyak, aplikasi gajian sangat direkomendasikan untuk memudahkan proses penggajian. Salah satu yang terbaik adalah Mekari Talenta. Mekari Talenta merupakan aplikasi slip gaji yang menawarkan fitur hitung gaji otomatis dan cetak payslip online, termasuk slip gaji SDM.

Mekari Talenta membantu perusahaan meminimalisasi human error dalam proses kalkulasi gaji dan menghemat anggaran pengelolaan administrasi. Kehadiran Mekari Talenta menjadi solusi cerdas untuk membantu Anda merekap data, menandai absensi karyawan, mengatur pembagian shift dan jadwal lembur, mengelola jadwal kerja karyawan, menghitung pinjaman, uang lembur, dan slip gaji. Aplikasi Mekari Talenta menawarkan fitur yang berguna untuk menyederhanakan pekerjaan berkaitan dengan karyawan secara rinci dan akurat.

Asyiknya lagi, aplikasi Mekari Talenta mudah digunakan. Bahkan, bagi pemula sekalipun. Berkomitmen untuk menjaga keamanan data dan privasi pengguna, Mekari Talenta menjamin seluruh informasi perusahaan Anda tidak dibagikan ke pihak manapun 

Berkat Mekari Talenta, karyawan tak perlu melakukan absensi melalui mesin fingerprint karena sudah terdata secara otomatis.

Dirancang khusus untuk pebisnis dan UMKM, Mekari Talenta memungkinkan Anda bekerja lebih produktif.

Kini, Anda tak perlu lagi menggunakan cara manual yang merepotkan dan menghabiskan waktu karena ada Mekari Talenta. Tunggu apalagi? Yuk, instal Mekari Talenta gratis melalui Google Play Store dan bergabung dengan lebih dari ribuan pelaku usaha lainnya untuk memajukan perekonomian Indonesia! (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: