Honda

Hati-hati 5 Makanan ini Pemicu Hipertensi, Ternyata Dialami Indra Bekti

Hati-hati 5 Makanan ini Pemicu Hipertensi, Ternyata Dialami Indra Bekti

Ilustrasi orang yang sedang mengalami hipertensi-Hermina Hospital-

PALEMBANG, PALPRES.COM -  Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/ tenang (InfoDATIN, Kemenkes RI).

 

Mekanisme terjadinya hipertensi adalah melalui terbentuknya angiotensin II dari angiotensin I oleh Angiostencin Converting Enzyme (ACE).

 

ACE memegang peran fisiologis penting dalam mengatur tekanan darah. Darah mengandung angiostensinogen yang diprodoksi di hati.

 

Beragam kondisi yang dapat menyertai gejala hipertensi tanda-tanda dan gejala tekanan darah tinggi lainnya yang mungkin muncul apabila kondisi Anda sudah cukup parah meliputi: Penglihatan buram, Rasa cemas yang berlebihan, Mual atau muntah.

BACA JUGA:Jelang Pergantian Tahun Pemerintah Salurkan Bantuan Saldo DANA Gratis Rp600 Ribu, Begini Cara Mendapatkannya 

Jika tidak terkontrol, hipertensi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti penyakit jantung, retinopati (kerusakan retina), penyakit ginjal, stroke, penyakit pembuluh darah tepi, gangguan serebral (otak) dan gangguan syaraf.

 

Meski tekanan darah secara alami meningkat seiring pertambahan usia, tekanan darah normal untuk semua remaja, dewasa, dan orang dewasa yang lebih tua adalah di bawah 120/80 mmHg. Rinciannya adalah sebagai berikut: Angka pertama (120 mmHg) adalah tekanan darah sistolik.

 

Tekanan darah di atas 140/90 mmHg dikategorikan sebagai tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut sebagai hipertensi.

 BACA JUGA:Wedang Ronde Minuman Tradisional Mencegah Penyakit Jantung dan Kolesterol

Salah satu posisi tidur terbaik saat darah tinggi kambuh yaitu miring ke kiri. Posisi tidur ini bisa membantu mengalirkan darah ke jantung sekaligus mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

 

Efek minum kopi bisa menyebabkan darah tinggi atau tidak sangat tergantung kebiasaan seseorang mengonsumsi kafein dan banyaknya kafein yang dikonsumsi. Minum kopi atau asupan berkafein lainnya memang bisa meningkatkan tekanan darah sementara.

 BACA JUGA: Saldo DANA Cair Rp100.000, Cukup Registrasi Nomer HP Mu

Keluhan-keluhan pada penderita hipertensi antara lain :

 

·         Sakit kepala.

·         Gelisah.

·         Jantung berdebar-debar.

·         Pusing.

·         Penglihatan kabur.

·         Rasa sakit di dada.

·         mudah lelah, dll.

 

1. Makanan asin

 

Makanan asin atau yang kaya kandungan garam merupakan penyumbang utama hipertensi. Pasalnya, natrium yang ditemukan pada garam dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam darah.

 

2. Daging olahan

 

Daging olahan sering kali dikemas dengan sodium. Pasalnya, banyak produsen yang membumbui dan mengawetkan daging dengan garam.

 

Mengonsumsi hidangan seperti sandwich yang mencampur daging olahan dengan makanan tinggi garam lainnya seperti roti dan keju akan membuat Anda lebih berisiko terkena hipertensi.

 

3. Camilan tidak sehat

 

Camilan ringan seperti keripik, biskuit, serta kacang-kacangan mengandung banyak garam. Kandungan garam beserta lemak dan gula yang ada di dalamnya membuat camilan-camilan tersebut jadi adiktif.

 

4. Gorengan

 

Untuk menjaga kesehatan jantung, orang harus mengurangi lemak jenuh dan lemak trans. Hal ini terutama berlaku untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

 

Lemak trans adalah lemak buatan yang meningkatkan umur simpan dan stabilitas makanan kemasan. Lemak ini juga dapat juga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

 

Hal yang sama juga didapat dari lemak jenuh. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan risiko hipertensi.

 

Gorengan adalah salah satu makanan yang cukup banyak mengandung lemak. Selain gorengan, Anda juga perlu membatasi beberapa produk hewani seperti daging merah.

 

5. Kafein

 

Kopi, teh, dan minuman berenergi sering kali disertai dengan kandungan kafein, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

 

Bagi orang dengan tekanan darah yang sehat, kafein bukanlah masalah. Namun, penderita hipertensi disarankan untuk membatasi asupan kafein.

 

Itulah beberapa makanan yang bisa memicu kondisi hipertensi seperti yang dialami Indra Bekti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: