Honda

Budidaya Ikan Lele Andalan Ketahanan Pangan Desa Suka Negara

Budidaya Ikan Lele Andalan Ketahanan Pangan Desa Suka Negara

KOLAM TERPAL : Kades Suka Negara, Tanseri Gasali sedang berada di salah satu titik budidaya ikan lele media kolam terpal-Foto: Deni/palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Budidaya Ikan Lele media kolam terpal, menjadi program andalan ketahanan pangan Desa Suka Negara, Kecamatan Kota Lahat, Kabupaten Lahat.

Kepala Desa (Kades) Suka Negara, Tanseri Gasali membenarkan, untuk ketahanan pangan, pihaknya memilih ikan lele yang notabene begitu digandrungi dan disukai oleh masyarakat.

"Betul, untuk kolam terpal kita tempatkan di lima titik, dimana, satu titik beriisikan empat kolam berdiamater lima meter," jelasnya.

Di sini, masih kata dirinya, Pemerintah Desa (Pemdes) Suka Negara akan melepas bibit ikan lele 25.000 untuk 20 kolam terpal.

BACA JUGA:5 Bansos Kemensos Ini Dicairkan Mulai Januari 2023, Segera Daftar DTKS Online Lewat Hp

BACA JUGA:Batu Gajah Baru Muratara Pemenang Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas Se-sumsel

"Saat ini, ke lima titik tersebut sedang pengerjaan pembuatan atap pelindung dari sinar matahari, serta gangguan lainnya. Dana yang diperoleh akan dibelikan kembali bibit ikan dan juga pakannya," ucap Tanseri Gasali.

Tanseri Gasali menuturkan, budidaya ikan lele ini baru pertama kali dilaksanakan, dan ini akan menjadi percontohan yang harus sukses menghasilkan ikan-ikan, nantinya dikonsumsi oleh penduduk desa.

"Apabila panen nanti, ikan-ikan tersebut akan dijual kepada warga, dan juga di pasar, untuk menambah pendapatan Kelompok tani (Poktan) yang mengelolanya," sebutnya.

Senada, Camat Kota Lahat, Gemris Palo SIP MM mengemukakan, program ketahanan pangan ini, memang sudah diamanatkan didalam ketentuan dana desa, dimana, besarannya 20 persen yang dimanfaatkan oleh Pemdes.

BACA JUGA:Colorfit Beauty Moves You Art Journey Kampanyekan Self Love

BACA JUGA:KPU Lahat Tawarkan tiga Opsi Terkait Pembagian Dapil

"Dengan demikian, 20 persen dari dana desa betul-betul terserap dengan baik, dan kedepannya bisa membantu penduduk maupun pengelolanya," ulasnya.

Dirinya berharap, kepada setiap Pemdes untuk dapat menjalankan ketahanan pangan ini, baik itu budidaya unggas, ikan maupun perkebunan serta pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: