Honda

Masih Bingung Buat Pindang Meranjat, Ini Resep Asli dan Cara Membuatnya

Masih Bingung Buat Pindang Meranjat, Ini Resep Asli dan Cara Membuatnya

Pindang Meranjat adalah salah satu masakan khas Ogan Ilir yang sudah cukup populer, makanan ini merupakan makanan khas Suku Penesak yang biasanya disajikan sebagai lauk dalam makanan sehari-hari.-Widjan-Palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM- Keanekaragaman kuliner di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) banyak sekali dapat dijumpai, terutama Pindang yang menjadi kuliner unggulan di Bumi Caram Seguguk julukan Kabupaten Ogan Ilir.

Selain Pindang pegagan yang bisa menggoyang lidah dengan pedas manisnya, ada juga pindang Meranjat yang tak kalah mantap, yang sudah terkenal di Provinsi Sumatera Selatan.

Pindang Meranjat adalah salah satu masakan khas Ogan Ilir yang sudah cukup populer, makanan ini merupakan makanan khas Suku Penesak yang biasanya disajikan sebagai lauk dalam makanan sehari-hari.

Nah, ada juga harus tahu dahulu, Kota Indralaya sendiri merupakan kota yang paling dekat dan berbatasan langsung dengan Kota Palembang Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA: 5 Macam Pindang di Sumatera Selatan yang Wong Palembang Wajib Tahu

Hanya berjarak 32 km dengan jarak tempuh 30 menit melalui jalan lintas timur (Jalintim) Palembang-Indralaya sudah tiba di Indralaya.

Atau melalui ruas jalan tol Palembang-Indralaya melalui Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang berjarak 21 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, sudah tiba di Kota SANTRI, sebutan nama lain dari Indralaya.

Nama Pindang bagi masyarakat Sumatera Selatan sudah tidak asing lagi, menu sajian makan siang maupun malam hari  yang siap untuk dinikmati.

Pindang adalah lauk berkuah dengan sajian ikan, daging atau tulang. 

Soal rasa, kuliner satu ini menyajikan perpaduan cita rasa asam, manis, dan pedas. Dijamin menggugah selera makan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Rumah Makan Pindang Khas Palembang

Betapa tidak, rasa asam pedas, segar, dan aroma wangi dari daun kemangi serta cabai rawit utuh akan memanjakan lidah yang menyantapnya.

Pindang Meranjat ini kalau di Ogan Ilir bisa anda temukan di daerah Desa Meranjat, Kecamatan Indralaya Selatan, Ogan Ilir, dan bisa juga ditemukan di daerah Kecamatan Tanjung Batu dan sekitarnya.

Berikut cara memasak dan bahan-bahan apa yang anda harus siapkan untuk membuat Pindang Meranjat yang dapat memanjakan lidah anda.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

BACA JUGA:Buruan Klaim Bantuan Saldo Dana Gratis Langsung Cair Rp600 Ribu dari Pemerintah, Ini Linknya

- 1 kg ikan/daging ayam/tulang iga sapi yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai selera

- 12 buah cabe merah

- 5 buah cabe rawit

- 3 batang serai

- 10 buah bawang merah

- Lengkuas diiris tipis memanjang

- Kunyit diiris tipis memanjang

BACA JUGA:Ada Saldo DANA Gratis Rp1 Juta dari Pemerintah untuk Para Pelajar, Begini Cara Mendapatkannya

- Jahe diiris tipis memanjang

- 3 biji buah kembali (pala)

-1/2 sendok makan asam Jawa

- 1 sendok makan garam

- 1 buah tomat diiris kecil

- Air secukupnya

*Cara Membuat

BACA JUGA:Cara Dapat Dana Bansos Rp3 Juta, Khusus yang Punya Kartu KIS BPJS Kesehatan, Cair Januari 2023

Sediakan panci kemudian campur ikan/ayam/iga beserta terasi dan asam Jawa sambil diremas-remas hingga merata. Tumbuk cabai dan garam hingga halus lalu memarkan bawang dan serai, masukkan semua bumbu kedalam panci, tambahan air secukupnya aduk sedikit masaklah dengan api sedang.

Setelah air kuah mendidih masukkan irisan tomat lalu tunggu hingga ikan/daging ayam/tulang iga sapi empuk matang terasa. Selanjutnya, Pindang Meranjat Siap dihidangkan untuk menemani Nasik Putih. Selamat mencoba, dijamin lidah anda akan bergoyang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com