Honda

Mayoritas Penduduk di Lahat Mata Pencaharian Petani, Tapi Minim Agen Sayur Mayur, Kok Bisa ya

 Mayoritas Penduduk di Lahat Mata Pencaharian Petani, Tapi Minim Agen Sayur Mayur, Kok Bisa ya

Pemilik lahan perkebunan sedang berada di areal tanaman sayur mayur, Kamis 5 Januari 2023.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Bumi Seganti Setungguan kaya akan potensi sumber daya alamnya (SDA), mulai dari sektor pertambangan batubara, perkebunan karet, kopi, kelapa sawit bahkan persawahan dan lahan pertanian begitu berlimpah ruah.

Hanya saja, dari itu semua yang dibutuhkan adalah agen sayur mayur untuk menampung hasil petani apabila mereka panen, yang saat ini dinilai sangat minim ditemui.

"Sayur mayur yang ada di Pasar Lematang, Kalangan, PTM Serelo itu semuanya dipasok dari Kota Pagaralam dan Curup Bengkulu," ungkap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat, Baktiansyah SP, Kamis 5 Januari 2023.

Padahal, sambung Baktiansyah, Kabupaten Lahat ini mayoritas mata pencaharian penduduk sebagai petani, dengan hasil disebutkan diatas.

BACA JUGA:Kota Lahat Bakal Disulap Seperti Yogyakarta, Satpol PP Terpaksa Lakukan Cara Ini ke PKL

"Sayangnya, sayur mayur seperti, kubis, kangkung, tomat, cabe dan lain sebagainya tidak ada yang menampungnya di Lahat ini," jelas politisi Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ini.

Kecuali, masih kata dia, di kawasan Kecamatan Jarai area, disana banyak sekali penampung untuk dijual.

"Nah, di kecamatan lain belum ada yang seperti itu, sehingga sayur hasil petani hanya dikonsumsi sendiri," terang Baktiansyah.

Baktiansyah menyampaikan, agar sekiranya organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dapat membantu membentuk agen sayur mayur ini.

BACA JUGA:Aset Tak Bergerak di Lahat Baru Terkejar 80 Persen

"Secara tidak langsung, nantinya akan muncul sub agen ataupun usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan berbagai macam sayur berasal dari petani Lahat sendiri," sebutnya.

Bahkan, lanjut dia, petani atau masyarakat yang memanfaatkan perkarangan rumah menanam sayur mayur, akan mendapatkan pendapatan dari hasil menjual ke pasar.

"Ini akan menjadikan peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan, apabila ditekuni dan dimanfaatkan sebaik mungkin," tukasnya yang juga menjabat sebagai Sekretaris Perindo Lahat.

Senada, Anggota DPRD Lahat, Edwar menerangkan, sungguh sangat tepat sekali, apabila di Lahat ini memiliki agen sayur seperti halnya kopi, karet ataupun kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com