Honda

Forum ALCo Sumsel Blak-Blakan Beber Kinerja APBN 2022, Realisasi Pendapatan Negara Over Target

Forum ALCo Sumsel Blak-Blakan Beber Kinerja APBN 2022, Realisasi Pendapatan Negara Over Target

Kiri ke kanan, Kepala Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Sumsel Surya Hadi, Kepala Kanwil DJPb Sumsel Sumsel Lydia Kurniawati Christyana dan Kepala Kanwil DJP Sumsel Babel Romadhaniah dalam konferensi pers APBN KiTA Provinsi Sumsel 2022 di Aula GKN Palembang -Dian Cahyani Fitri-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Pencapaian kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Regional Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 2022 dinilai sangat baik.

Sebagaimana disebutkan Forum ALCo (Asset and Liabilities Committee) Sumsel dalam konferensi pers  di Aula GKN Palembang Lantai 1, Jalan Kapten A Rivai, nomor 2, Palembang, pada Jumat, 6 Januari 2023.

Forum yang beranggota seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) dan unit Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sumsel tersebut membeberkan, dari sisi pendapatan negara, realisasinya melebihi target. 

“Sementara dari sisi belanja, kinerja belanja negara juga mampu tumbuh positif dan lebih baik dari tahun lalu,” ungkap Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumsel Lydia Kurniawati Christyana dalam konferensi pers.

BACA JUGA:Sejarah Berdirinya Kabupaten Ogan Ilir, Ternyata Berawal dari Diskusi Ringan Bupati OKI, Pemuda dan Wartawan 

Forum ALCo mencatat, pendapatan negara di wilayah Sumsel terealisasi 119,81% dari target. 

“Tumbuh 36,62% (year over year/yoy atau tingkat pertumbuhan dari tahun ke tahun),” jelas Lydia. 

Impresifnya kinerja pendapatan negara tersebut dipengaruhi oleh pemulihan ekonomi yang semakin baik serta didorong tingginya harga dan permintaan komoditas unggulan Sumsel. 

Sementara belanja negara sambung Lydia terealisasi 107,59%. 

BACA JUGA:Daftarkan Balita Anda di Aplikasi Kemensos, Ada Dana PKH Rp3.000.000 dari Pemerintah Cair Tahun 2023

Dia merinci, realisasi belanja pusat terealisasi Rp13,57 triliun (95,15%), dan transfer ke daerah sebesar Rp32,51 triliun (113,80%). 

“Realisasi belanja ini masih berpotensi lebih tinggi karena saat ini masih dalam batas waktu pertanggungjawaban belanja negara,” cetusnya.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumsel Babel Romadhaniah menambahkan, pendapatan negara terutama berasal dari penerimaan pajak. 

Capaian totalnya sebesar Rp16,75 triliun (119,08%) dari target yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) 98/2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementerian keuangan