Honda

Deklarasi Damai Awali Jalan Sehat Kerukunan Bertabur Hadiah di Kemenag Sumsel

Deklarasi Damai Awali Jalan Sehat Kerukunan Bertabur Hadiah di Kemenag Sumsel

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri menandatangi deklarasi damai-kemenag sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Deklarasi damai mengawali jalan sehat kerukunan yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu 14 Januari 2023. 

Deklarasi Damai Umat Beragama yang dilanjutkan penandatanganan deklarasi oleh seluruh tokoh lintas agama dan tokoh pemuda lintas agama Provinsi Sumatera Selatan.

Deklarasi damai ini bertujuan untuk memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia.

Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan diwakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan H. Sunarto.

BACA JUGA:Ibadah Haji Tahun ini, Kemenag Muratara Prioritaskan 57 Orang Berangkat, Penyebabnya Apa Ya?

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari keluarga Kementerian Agama se Sumatera Selatan, madrasah, KUA, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, hingga masyarakat umum.

“Ini sesuai tema HAB ke-77 Kemenag, yaitu "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat" dan relevan dalam menyongsong tahun politik,” ujar Kakanwil.

Menjelang tahun politik, kakanwil juga mengharapkan seluruh tokoh agama dan ormas untuk senantiasa bersinergi untuk menjaga agar tidak ada yang menjadikan tempat-tempat ibadah sebagai ajang kampanye politik serta mencegah politisasi agama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha H. Abadil, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Saefudin,  Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se Sumsel, Kepala Bidang dan Pembimas, dan beberapa mitra kerja instansi Kemenag Sumsel.

BACA JUGA:Kankemenag Muratara Pastikan Kuota Haji Tahun 2023 Tak Ada Batasan Usia

Kegiatan jalan sehat dan deklarasi damai umat beragama ini dilaksanakan serentak se Indonesia oleh seluruh Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Untuk rute yang dilalui peserta jalan sehat di Sumsel, diawali dari Kantor Wilayah Kementerian Agama, menuju Kodam II Sriwijaya, Stadion Kamboja, Universitas Tridinanti, Jalan Dwikora, hingga kembali ke Kanwil Kemenag Sumsel.

Jalan Sehat Kerukunan ini digelar sebagai rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama.

Acara ini dimulai jam 06.00 WIB sampai selesai. Ramainya peserta jalan sehat kerukunan ini memadati sepanjang jalan Ade Irma Nasution dan seputaran Kanwil Kemenag Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: