Honda

Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 6,2, Pusatnya di Pantai Selatan Kota Singkil

 Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 6,2, Pusatnya di Pantai Selatan Kota Singkil

Ilustrasi gempa --Palpres.com

ACEH, PALPRES.COM – Warga Kota ACEH Singkil, Provinsi ACEH pada Senin 16 Januari 2023 pukul 05.30 WIB, dikagetkan dengan goyangan gempa yang cukup keras.

Warga yang tampak masih trauma dengan gempa besar di Aceh pada 2004 lalu, menjadi panik dan segera keluar dari rumah.

Warga berjaga-jaga, siapa tahu akan ada gempa susulan atau Tsunami pasca gempa.

Namun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya, mengatakan gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2 itu tidak berpotensi Tsunami.

BACA JUGA:Segera Dapatkan Bansos Saldo DANA Gratis Rp3.500.000 dari Pemerintah, Ini Syarat dan Ketentuannya

Gempa tersebut terjadi di wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Aceh. 

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono lewat keterangan tertulisnya, Senin 16 Januari 2023, Episenter Gempa Bumi terletak pada koordinat 1,98° LU ; 97,90° BT.

“Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km," kata Daryono lewat keterangan tertulisnya.

Dari hasil pengamatan, menurut Daryono, gempa bumi tersebut jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia. 

BACA JUGA:Giliran Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos BPNT Rp2.400.000, Cek di Link Ini!

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, lanjut dia,  bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust.)

Gempa bumi Aceh Singkil ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Singkil dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas IV MMI.

Kemudian dirasakan juaga di daerah Subulussalam, Aceh Selatan dengan skala intensitas III - IV MMI dan daerah Padang Sidempuan dengan skala intensitas II - III MMI. 

Namum BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com