Honda

Siap-Siap Mungkin Anda yang Bakal Digandeng Ketua Umum DMDI Indonesia untuk Menyebarkan Nilai Budaya dan Adat

Siap-Siap Mungkin Anda yang Bakal Digandeng Ketua Umum DMDI Indonesia untuk Menyebarkan Nilai Budaya dan Adat

Ketua Umum DMDI Indonesia Herman Deru (tengah) didampingi SMB IV Jayo Wikramo RM Fauwaz Diradja dan Kepala Disbudpar Sumsel Aufa Syahrizal membuka Festival Budaya Melayu Sumsel belum lama ini.--Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia H Herman Deru berkomitmen untuk membentuk DMDI di 34 provinsi se-Indonesia.

Upaya tersebut sebagai langkah DMDI untuk mempercepat pembangunan dan memajukan suku, adat, budaya Melayu di Tanah Air.

Hal itu juga dilakukan mengingat DMDI merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di dunia yang penyebarannya hingga ke mancanegara.

Selain silaturahmi kata Herman Deru, tujuannya juga untuk membangun dan memajukan suku, adat dan budaya Melayu.

BACA JUGA:Beroperasi Ramadan 2023, Tol Indralaya-Prabumulih Ditempuh 1 Jam Lebih Sedikit Kecepatan 80 KM/Jam

“Saya bersama pengurus DMDI Indonesia bergerak sampai DMDI di 34 provinsi se-Indonesia terbentuk,” kata Herman Deru kepada wartawan usai Coffee Night bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) DMDI Indonesia, Datuk H Said Aldi Al Idrus di Griya Agung Palembang, Kamis, 12 Januari 2023 malam.

Selain itu, lanjut Gubernur Herman Deru, DMDI juga bukan hanya sebagai identitas bagi rumpun Melayu, namun juga menjadi kekuatan dalam memperkokoh akar budaya.

Di mana, menurut Herman Deru, etika kemelayuan yang harus diturunkan kepada generasi berikutnya.

“Jika DMDI di Indonesia ini sudah tertata dengan baik dan memiliki pengurus di 34 provinsi, maka saya yakin DMDI menjadi salah satu organisasi kesukuan yang kuat dalam mempertahankan warisan budaya Melayu di Indonesia, serta bisa menyumbangkan ide dan gagasan, kreatifitas, sosial dan kemanusiaan bagi bangsa dan negara,” paparnya.

BACA JUGA:Giliran Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Dapat Saldo Dana Gratis Tahun 2023, Ini Kriterianya

Untuk merealisasikan itu, Herman Deru bersama Sekjen H Datuk Said Aldi Al Idrus yang juga Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) ini akan menggandeng sejumlah tokoh adat dan tokoh pemuda Melayu Islam di Indonesia. 

Dengan cara itu, langkah dalam penyebaran nilai-nilai warisan budaya dan adat dapat terlaksana dengan baik.

"Kita juga akan merangkul tokoh-tokoh Melayu Islam lainnya untuk bergabung dengan DMDI Indonesia," terangnya.

Herman Deru meyakini dengan memperkuat identitas Melayu dalam kehidupan sehari-hari maka semakin membentengi generasi muda dari beberapa pengaruh negatif budaya asing yang masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: