Honda

Pengurus RDS Lubuk Mabar Terbentuk, Gandeng Ibu-ibu PKK Bersihkan Desa

Pengurus RDS Lubuk Mabar Terbentuk, Gandeng Ibu-ibu PKK Bersihkan Desa

Pengurus RDS dan Ibu-ibu TP PKK Desa Lubuk Mabar, sedang membersihkan desa, Selasa 17 Januari 2023.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pemandangan yang cukup menarik dan bisa dikatakan sensasional, pasalnya pengurus Rumah Desa Sehat (RDS) dan Ibu-ibu TP PKK Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Penjalang Suku Empayang Saling Ulu (Pseksu) berkolaborasi membersihkan pemukiman desa.

Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana mengemukakan, pada pemerintah desa (Pemdes) kali ini, akan mengoperasikan seluruh sumber daya manusia (SDM), sehingga menciptakan suasana harmonis antara pengurus kelembagaan yang ada.

"Pengurus RDS yang belum lama dibentuk dan dikukuhkan, sudah memperlihatkan eksistensi mereka, dengan mengajak PKK dalam kegiatan kebersihan desa," ungkapnya, Selasa 17 Januari 2023.

Selain itu, masih kata dia, lembaga RDS ini memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), terhadap jaringan kesehatan, kebersihan, perekonomian, dan sektor lainnya.

BACA JUGA:Ribuan Perangkat Desa di Kabupaten Lahat Terlindungi Jaminan Program Ini Lho

"Memang tidak banyak yang memaksimalkan pengurus RDS ini, karena mereka bisa membantu kinerja dari Pemdes, sehingga melaksanakan tugasnya," sebut Yeni.

Yeni Fitriana berharap, tidak hanya kepada PKK saja, melainkan dengan lembaga seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Adat (Todat).

"Dengan begitu, persoalan yang ada di desa pun akan memberikan dampak positif sekaligus kemudahan, menghimpun data-data yang dibutuhkan desa," harapnya.

Ketua RDS Lubuk Mabar, Ena Desi Triana SSP mengemukakan, terbentuknya lembaga ini tentunya para pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa di bidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan, dan pusat penyebaran informasi kesehatan meliputi layanan.

BACA JUGA:Cantik Alami Ala Perempuan Berparas Ayu Asal Kabupaten Lahat, Yuk Intip Tipsnya

"Terutama mengenai Kesehatan ibu dan anak, Konseling gizi, Pendidikan PAUD, Perlindungan sosial," jelasnya.

Ia mengemukakan, sedangkan fungsi RDS itu sendiri, sebagai pusat informasi pelayanan sosial dasar di Desa khususnya bidang kesehatan,  ruang literasi kesehatan di desa.

"Kemudian wahana komunikasi, informasi dan edukasi tentang kesehatan di desa, forum advokasi kebijakan pembangunan Desa di bidang kesehatan, lalu pusat pembentukan dan pengembangan kader pembangunan manusia," sebut Ena Desi Triana.

Ena Desi Triana menuturkan, kepengurusan organisasi ini sedikit banyaknya ikut membantu Pemdes Lubuk Mabar, dalam berbagai aspek sektor.

BACA JUGA:Pemilik KIS Dapat Dana Bansos BPNT Rp2.400.000, Begini Cara Pengajuannya

"Makanya, kita berkolaborasi tidak hanya dengan PKK saja, tapi dengan semua kelembagaan guna memajukan desa serta kesejahteraan masyarakat," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com