Honda

Untuk Makanan Khas Daerah, Begini Strategi Camat Tebing Tinggi, Yuk Intip

Untuk Makanan Khas Daerah, Begini Strategi Camat Tebing Tinggi, Yuk Intip

akanan khas Empat Lawang ini mulai susah dicari-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COMMakanan khas daerah Kabupaten Empat Lawang khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi mulai terpinggirkan oleh kuliner kekinian yang banyak muncul.

Oleh karena itu, TP PKK Kabupaten Empat Lawang menghimpun makanan khas yang ada di 10 kecamatan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Masing-masing kecamatan diminta mengumpulkan 5 macam kuliner maupun jajanan khas. Bukan perkara mudah untuk mencari menu khas karena antara kecamatan menunya relatif sama, untuk itu perlu kejelian menentukannya. 

Camat Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Noperman Subhi dan Nyonya Leli Susanti Noperman, Ketua TP PKK Kecamatan Tebing Tinggi  bergerak langsung setelah mengetahui hal itu. 

BACA JUGA:Walau Tak Punya Kartu KIP, Kamu Bisa Dapat Bansos Rp1.000.000, Begini Caranya!

Mereka mulai mencari tahu dan mendata menu-menu kuliner khas Tebing Tinggi yang sudah sangat jarang muncul.

Menu-menu tersebut berupa resep, mulai dari bahan-bahan dan cara membuatnya serta kandungan gizi, tidak lupa disertakan foto makan yang telah tersaji indah dalam piring atau mangkok berwarna putih. 

Resep akan diberikan ke Pokja III TP PKK Sumsel untuk dijadikan buku dengan judul utama makanan khas Sumsel dari 17 kabupaten dan kota yang ada. 

Lely menjelaskan makanan yang disajikan Kecamatan Tebing Tinggi berupa tumis kepayang hitam, ikan baung telok tebu, ikan kuning belimbing besi, ikan seluang kacang panjang, dan  gulai ayam terong.

BACA JUGA:Segera Cair, Tahun Ini Pemilik KIS Bisa Dapat 6 Bansos, Berikut Daftarnya

 "Sedangkan untuk jajanan berupa lempok, engkak ketan pandan, sawut, serawe durian pulut kukus dan sagon panggang," ujar ibu camat Tebing Tinggi ini.

Ia menjelaskan dalam menyusun menu makanan khas Tebing Tinggi, melibatkan isteri para kepala desa (kades) di Tebing Tinggi yang  memang pandai mengelola makanan khas, terutama yang berasal dari desa Batu Pance, Rantau Tenang, Seguring, Ulak Mengkudu dan Ujung Alih. 

"Menu-menu kuliner khas Tebing Tinggi itu dikumpulkan dari seluruh desa di Kecamatan Tebing Tinggi untuk dilaporkan ke Tim PKK Provinsi," imbuh dia.

Sementara Camat Tebing Tinggi, Nolerman berharap ke depan ada festival makanan khas Tebing Tinggi untuk diperkenalkan kepada generasi muda yang selera mereka cenderung ke masakan luar negeri atau makanan instan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: