Honda

Salinan RKPDes APBDes Jagabaya 2023 Diserahkan, Cek Poin-poin Program Kerjanya Apa Saja

Salinan RKPDes APBDes Jagabaya 2023 Diserahkan, Cek Poin-poin Program Kerjanya Apa Saja

Kades Jagabaya, Bambang Heriadi ST menyerahkan salinan RKPDes APBDes TA 2023 kepada Ketua BPD, belum lama ini.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pemerintah Desa (Pemdes) melalui Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST menyerahkan salinan dari Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2023 kepada Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Alhamdulillah, RKPDes APBDes 2023 sudah 100 persen telah usai, kini salinannya kita berikan kepada jajaran BPD, supaya mereka mengetahui apa-apa saja program kerja yang akan dijalankan," jelasnya, Jumat 20 Januari 2023.

Nah, lanjut dirinya, dalam Peraturan Desa (Perdes) No 7 tentang APBDes 2023 dan Peraturan Keputusan Desa (Perkepdes) No 08 tentang penjabarannya.

“Pada RKPDes 2023 memuat program pembangunan antara lain, melanjutkan pembangunan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 90 meter dan lebar 2 meter, penambahan penerangan jalan umum tenaga Surya (PJU TS) sebanyak 10 unit, pembangunan gedung perpustakaan, taman desa, dan kebun hidroponik,” papar Bambang Heriadi.

BACA JUGA:10 Kejadian Sepanjang Tahun 2022 Terjadi di Kabupaten Lahat, Catat Apa Saja

Bambang Heriadi menambahkan, untuk kebun hidroponik, dikarenakan baru pertama kali, akan menyiapkan lahannya sekaligus peralatan yang diperlukan.

“Kemungkinan kita akan menanam sayur mayur jenis Kangkung dan sawi, yang pertumbuhannya sangat cepat dan baik, menggunakan media hidroponik," terangnya.

Disinilah, masih kata dia, dibutuhkan kejelian maupun peluang sehingga kedepannya dapat berkembang, dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat desa.

“Tentunya dengan arahan dan masukan dari BPD, pastinya program kerja ini akan terus mendapatkan dukungan dari mereka, yang semata-mata demi kepentingan warga,” sebutnya.

BACA JUGA:Pembangunan Venue Porprov Kabupaten Lahat Dikebut, Berikut Jadwal Pesta Olahraganya

Bambang Heriadi menginginkan, adanya perbedaan di Jagabaya ini, semasa dibawah kepemimpinannya akan banyak bantuan serta program yang langsung bersentuhan dengan penduduk.

"Tidak ada tujuan lain, selain membuat desa semakin baik, maju dan menjadi pilot project (percontohan) bagi desa lainnya," harap dia.

Sementara itu, Ketua BPD Jagabaya, Leni Marlina menuturkan, pihaknya selama ini terus mengikuti perkembangan yang dilaksanakan Pemdes. 

"Bahkan dalam menentukan serta pelaksanaan pekerjaan pun ikut dilibatkan, pastinya kita mengetahui secara persis dan detail kearah mana nantinya," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com