Citra Land Palembang

Bupati Panca Minta PPS Jangan Perkeruh Suasana di Pilkada 2024

Bupati Panca Minta PPS Jangan Perkeruh Suasana di Pilkada 2024

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar saat memberi keterangan pada media massa usai melantik PPS, di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT) Pemkab OI.-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA.PALPRES.COM- Sebanyak 20 ribu Bakal Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah mengikuti rangkaian tes tertulis, tes wawancara dan sebagian dinyatakan gugur.

Akhirnya, Selasa 24 Januari 2023, sebanyak 723 orang Bakal Calon PPS yang dinyatakan lulus atau masing-masing 3 orang PPS untuk tiap Desa/Kelurahan, dilantik oleh Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar.

Prosesi pelantikan sendiri digelar di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Kompleks Perkantoran Terpadu (KPT) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir Tanjung Senai sekitar pukul 10.00 WIB.

Terhadap pelantikan, Bupati Panca Wijaya Akbar meminta kepada PPS yang dilantik untuk memaknai dan menjalankan fakta integritas sesuai kinerjanya sampai pemilihan.

BACA JUGA:BPJS Kesehatanmu Dapat Dana Bansos Rp750.000 Februari 2023? Segera Cek Namamu Disini

"Karena bukan Pilpres saja PPS ini akan bekerja, tugas dan kewajiban PPS ini untuk mensukseskan baik pemilihan Eksekutif dan Legislatif dari berbagai jenjang, mulai dari Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat," ungkap Bupati Panca.

Menurut Bupati, Pemilihan Umum (Pemilu) ini sangat rentan terjadi gesekan, karenanya PPS diminta untuk benar-benar menjalankan tugasnya sebaik mungkin demi suksesnya Pilkada.

"Jangan malah PPS nya yang menjadi vokal, kompor atau yang mendahului untuk memperkeruh suasana, jangan sampai ya," ujar Bupati Panca.

Panca juga mengingatkan PPS, supaya dapat menjadi penengah, bukan malah jadi pemicu masalah.

BACA JUGA:Dana Bansos Tahap 1 Segera Cair Februari 2023, Pastikan Kamu Punya KIS

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir rencananya dalam Pemilu tahun depan akan menganggarkan dana lebih kurang Rp80 Miliar, dengan disalurkan melalui Dinas Kesbangpol.

"Ini pastinya akan dibahas terlebih dahulu mengenai mekanisme penganggaran ini," tukas Bupati melenial ini. 

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ogan Ilir, Massuryati mengatakan, bahwa pelantikan PPS ini digelar serentak seluruh Indonesia sesuai instruksi dan anjuran KPU Pusat

"PPS berkewajiban menyukseskan seluruh tahapan Pemilu, karena PPS adalah agen sosialisasi Pemilu pada masyarakat. 

Sumber: palpres.com