Honda

Sudah Ada UTDRS, Kini PMI Kabupaten Empat Lawang Miliki Stok Darah

Sudah Ada UTDRS, Kini PMI Kabupaten Empat Lawang Miliki Stok Darah

Kantor PMI Kabupaten Empat Lawang dan UTDRS.-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG,PALPRES.COM- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Empat Lawang memastikan persediaan stok darah masih ada.

Hal itu, setelah PMI Kabupaten Empat Lawang telah mempunyai bank darah sendiri yang telah didirikan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) yang berloasi di RSUD Empat Lawang.

Oleh karena itu, masyarakat Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati tidak perlu lagi meminta ke Kabupaten tetangga bila membutuhkan darah.

Ketua PMI Kabupaten Empat Lawang, Hj Hepy Safriani menjelaskan sejak adanya pembangunan UPTDRS Kabupaten Empat Lawang, mereka sudah banyak menerima para pendonor darah dan saat ini stok darah sudah disimpan di bank darah.

BACA JUGA:Koin Jadul Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta? Ini 5 Cara Jualnya

“Alhamdulillah antusias masyarakat yang mendonorkan darah sehingga saat ini stok darah kita sudah memadai,” kata Hepy yang juga istri Bupati Empat Lawang ini.

Untuk rincian, Kata Hepy, stok darah golongan A ada 3 kantong, B ada 5 kantong, lalu untuk golongan darah AB ada 3 kantong dan terakhir darah O ada 1 kantong.

“Laporan itu berdasarkan data Januari 2023,” ujarnya.

Hepy menjelaskan, Unit Transfusi Darah Rumah Sakit merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan donor darah, penyediaan darah dan pendistribusian darah.

BACA JUGA:SELAMAT! Pemilik BPJS Kesehatan Tipe KK Ini Bisa Dapat Bansos BPNT Rp200.000 Januari 2023

“Pelayanan transfusi darah merupakan upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial,” ungkapnya.

Pelayanan transfusi darah sebagai salah satu upaya kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan sangat membutuhkan ketersediaan komponen darah yang cukup, aman, mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat.

Dalam kondisi darurat misalnya ketika terjadi komplikasi perdarahan dalam persalinan, rumah sakit tidak selalu bisa menggantungkan kebutuhan darahnya pada pmi saja. 

BACA JUGA:Bupati Minta PMI Ikut Perhatikan Jajanan Anak Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: