Honda

Ayo Pahami Arti Lambang Kabupaten Lahat! Apa Saja Makna-maknanya, Yuk Telusuri

Ayo Pahami Arti Lambang Kabupaten Lahat! Apa Saja Makna-maknanya, Yuk Telusuri

Bupati Lahat, Cik Ujang SH sedang memberikan arahan pada ASN dan terlihat lambang dari Kabupaten Lahat, belum lama ini.-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) atau lebih dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya, memiliki 17 kabupaten/kota yang masing-masing dari daerah tersebut, pastinya memiliki lambang atau logo termasuk juga artinya.

Wartawan Palpres.com mencoba membedah satu persatu apa sih arti di balik Lambang Bumi Seganti Setungguan tersebut, yuk sama-sama kita telusuri.

Secara struktur, lambangnya terdiri dari bentuk perisai persegi lima, bergaris pinggir benang emas dengan latar belakang berwarna biru, yang melambangkan perlindungan rakyat daerah. 

Di dalam persegi lima dimaksud terdapat beberapa lukisan yang memiliki arti dan makna tersendiri. Ini dia maksud dari itu semua.

BACA JUGA:Benarkah Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Bernilai Rp100 Juta? Ini Faktanya

Bukit Tunjuk dan Bukit Barisan, melambangkan ciri-ciri khas geografi daerah Kabupaten Lahat, terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah dan tanahnya subur dengan pemandangan alam yang indah.

Kemudian ada Padi dan Kopi, melambangkan kerukunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat yang merupakan penghasil utama padi dan kopi.

"Dimana, kalau dilihat dari jumlahnya padi memiliki 17 butir bermakna hari Proklamasi Kemerdekaan Rebuplik Indonesia yaitu tanggal 17.

Sedangkan Kopi bergugus 8, daunnya berjumlah 19 lembar dan buahnya yang ranum berjumlah 45 buah bermakna bulan dan tahun Proklamasi Kemerdekaan Rebuplik Indonesia yaitu Agustus 1945," sebut Ketua Panoramic of Lahat, Mario Andramatik, Jumat 27 Januari 2023.

BACA JUGA:Wajib Tau! Pemilik Kartu KIS yang Namanya Ada Disini Bisa Dapat Bansos Rp750.000 Februari 2023

Selanjutnya, sambung dirinya, sungai melambangkan sumber kehidupan masyarakat Kabupaten Lahat sebanyak lima sungai dan sesuai dengan jumlah sila dalam pancasila. lima sungai dimaksud Musi, Lematang, Kikim, Manna serta Lintang.

"Nah, lukisan berikutnya terdapat Pita Berwarna Merah dan Garis Tepi Putih, jelas sekali bahwa Lahat merupakan daerah perjuangan dengan masyarakatnya yang dinamis dan mempunyai semangat kepahlawanan," urai Mario Andramatik.

Mario Andramatik mengemukakan, untuk moto Seganti Setungguan, falsafah hidup masyarakat dan rakyat daerah yang melambangkan pengertian persatuan dan kesatuan yang kokoh, semangat gotong-royong.

"Kemudian setia kawan yang mendalam, setia kata dan berpendirian teguh serta bertanggungjawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: