Honda

155 Tahun Kabupaten Lahat, Angka Penuh Makna dan Sejarah Bagi Masyarakatnya, Siap Bersaing untuk Kemajuan

155 Tahun Kabupaten Lahat, Angka Penuh Makna dan Sejarah Bagi Masyarakatnya, Siap Bersaing untuk Kemajuan

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumsel Tyas Fatoni menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lahat X Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2024 dalam r--Humas Pemprov Sumsel

LAHAT, PALPRES.COMKabupaten Lahat berusia 155 tahun, angka yang penuh makna dan sejarah bagi seluruh warga masyarakat Lahat.

Butuh perjuangan dan juga pengorbanan para pahlawan daerah yang telah berjuang demi kemajuan Kabupaten Lahat hingga bisa seperti sekarang ini.

Dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat ke 155 tahun, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumsel Tyas Fatoni menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lahat X Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2024. 

Rapat tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat ke 155 tahun.

BACA JUGA:Tanggapi Keluhan Pasien RSUD Kayuagung, Pj Bupati OKI Pantau Pelayanan di Hari Libur

BACA JUGA:Berseragam Korpri ASN Ikut Upacara Harkitnas 2024, Sekda Sumsel: Bonus Demografi Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Lahat.

Rapat dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, ST pada Senin 20 Mei 2024.

Dalam sambutannya Pj Bupati Lahat Muhammad Farid. S.STP., M.Si mengungkapkan jika angka 155 tahun menjadi sebuah angka yang penuh dengan sejarah dan makna bagi setiap warganya. 

“Kita berkumpul disini tidak hanya sekadar untuk merayakan hari jadi Kabupaten Lahat saja.

BACA JUGA:Sekda M Refly Ajak PWI OKI Kuatkan Sinergi, Idham Syarief Terpilih Aklamasi

BACA JUGA:Keberlanjutan IKN di Tangan Prabowo: Bakal Dianggarkan Rp16 Triliun Per Tahun

Akan tetapi juga sekaligus mengenang dan merenungkan perjuangan serta pengorbanan para pahlawan daerah yang telah berjuang demi kemajuan Kabupaten Lahat,” ujarnya.

“Memperingati Hari Jadi secara filosofis bermakna retrospektif.

Maknanya yakni dengan peringatan hari ulang tahun, kita berupaya untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan, introspektif artinya peringatan hari ulang tahun kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri,” paparnya.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan.

BACA JUGA:7 Makanan Penyebab Sakit Perut Saat Sarapan Pagi, Pantang Dikonsumsi Sebelum Beraktivitas

BACA JUGA:Mengenal Affandi, Maestro Lukis dan Pahlawan Kebudayaan Indonesia, Ini 5 Hasil Karyanya yang Mendunia

“Hal ini menjadikan Kabupaten Lahat sebagai Daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ke-2 diantara 17 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sumatera Selatan,” imbuhnya.

Hal ini tentu saja berdampak positif pada indikator-indikator makro lainnya dalam beberapa tahun terakhir, seperti tingkat pengangguran terbuka, dimana Kabupaten Lahat berhasil menurunkan angka pengangguran sebesar 0,61% menjadi 3,41% di Tahun 2023.

Stunting merupakan masalah prioritas di Kabupaten Lahat sejak tahun 2020 dimana prevalensi balita stunting Kabupaten Lahat saat itu sebesar 48,1.

Dalam 3 Tahun terakhir, berkat kerja keras kita semua, Pemerintah Kabupaten Lahat telah berhasil menurunkan prevalensi stunting sebesar 40,3 poin menjadi 7,8 di Tahun 2023, sehingga menjadi yang terendah di Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Muhammad Farid.

BACA JUGA:Jelang Timnas Indonesia vs Irak, Ini Pesan Marc Klok untuk Skuad Garuda

BACA JUGA:15 Rekomendasi Toko Baju Terlengkap dan Murah di Palembang, Batik hingga Pakaian Muslim Ada disini

Sementara dalam sambutannya Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si mengucapkan selamat kepada Kabupaten Lahat. 

“Alhamdulillah pada hari ini kita bisa bersama-sama mengikuti rapat paripurna ke-10 masa persidangan ketiga dalam rangka memperingati hari ulang tahun Lahat yang ke 155.

Saya atas nama pemerintah provinsi dan atas nama masyarakat Sumatera Selatan mengucapkan selamat dirgahayu Kabupaten Lahat yang ke-155 semoga terus maju masyarakatnya sejahtera dan berdaya saing,” ujar Fatoni.

Dalam kesempatan ini Fatoni menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah banyak meraih capaian prestasi.

BACA JUGA:Pelatih Irak Gemetar Lihat Timnas Indonesia yang Berbeda, Mereka Kini...

BACA JUGA:Rekomendasi 9 Pensil Alis Brand Lokal Terbaik, Nomor 5 Harganya Murah Banget!

Ia berharap capaian-capaian positif di Lahat dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Prov. Sumsel, Anita Noeringhati, Ketua Pj Ketua TP PKK Lahat, Adhitia Trinia Farid, Anggota DPRD Sumsel, Pipa Sardi, Bupati Lahat Periode 2008-2018, H Saifudin Aswari Rivai, dan segenap jajaran Forkopimda Sumsel dan Kabupaten Lahat yang berkesempatan hadir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: