Honda

Kemenkes RI Salurkan 11 Unit Alat USG Untuk Kabupaten OKU

Kemenkes RI Salurkan 11 Unit Alat USG Untuk Kabupaten OKU

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Dedy Wijaya-Yenson Palpres.com-

OKU,PALPRES.COM- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI saat ini tengah berusaha menargetkan penurunan angka kematian ibu di Indonesia.

Salah satunya, penyebaran alat kesehatan berupa ultrasonografi (USG) bagi Pusak Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tidak ketinggalan di Kabupaten OKU.

Dimana, Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menerima sedikitnya 11 alat USG dari Kemenkes RI guna melengkapi peralatan kesehatan di Puskesmas.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten OKU, Dedy Wijaya membenarkan, adanya pemberian alat kesehatan berupa USG untuk Puskesmas.

BACA JUGA:Nama Penerima Bansos PKH 2023 Tahap 1 Lihat Disini, Hanya Pemilik KIS 4 Tipe KK Ini yang Bisa Dapat!

“Alhamdulillah, 11 unit Alat USG telah diterima pada Jumat 27 Januari 2023 lalu dan saat ini telah didistribusikan ke 11 Puskesmas di Kabupaten OKU yang belum memiliki peralatan USG,”ungkapnya.

Dedy menjelaskan, alat USG yang disalurkan pemerintah pusat ini guna melengkapi peralatan kesehatan di 11 puskesmas di Kabupaten OKU yang belum memiliki peralatan tersebut.

“Sebab, saat ini dari 18 puskesmas di Kabupaten OKU masih terdapat sebanyak 11 puskesmas yang belum memiliki alat kesehatan USG tersebut,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Dedy, bantuan Alkes USG tersebut akan langsung didistribusikan ke seluruh Puskesmas agar dapat digunakan dalam melayani masyarakat dalam pelayanan kesehatan. 

BACA JUGA:Cek Nama Penerima Bansos 2023 Disini! Pemilik KIS Bisa Dapat 5 Bansos, Begini Caranya

"Tentunya alat ini akan dilakukan uji coba dulu untuk memastikan berfungsi dengan normal," terangnya.

Selain itu, Dedy menerangkan, bahwa USG adalah prosedur pengambilan gambar dari bagian tubuh tertentu yang biasanya digunakan untuk melihat kondisi bayi dalam kandungan dengan memanfaatkan gelombang suara frekuensi tinggi. 

USG dilakukan untuk mendeteksi dan memonitor denyut jantung pada janin di di dalam kandungan.

Ditambahkan, USG ini juga bisa digunakan untuk menunjang ketepatan dalam mendiagnosis penyakit dalam sehingga dapat mengarahkan pada pengobatan yang tepat untuk pasien. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: