RDPS
Honda

Populasi dan Habitat Berkurang, Ikan Belida Terancam Punah

Populasi dan Habitat Berkurang, Ikan Belida Terancam Punah

Ikan Belida memiliki arti penting bagi wong kito, karena banyak makanan khas disini yang berbahan dasar ikan asli air tawar tersebut. Tampak tugu Ikan Belida yang berdiri di Plasa Benteng Kuto Besak, Palembang.--oganilir.disway.id

JAKARTA, PALPRES.COMKonservasi ikan belida adalah pilihan untuk melestarikan ikan yang telah langka ini. 

Soalnya saat ini populasi ikan Belida di alam mengalami penurunan, baik karena habitannya kian berkurang, ataupun penangkapan yang dilakukan secara berlebihan.

Hal ini dipaparkan Ketua Umum Ketum) Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (IKA Unsri), Dr Agung Firman Sampurna, usai bertemu Rektor Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng, akhir pekan lalu.

Pertemuan itu sebagai koordinasi jelang dilaksanakannya Forum Diskusi Konservasi Ikan Belida via daring, Kamis, 2 Februari 2023, mulai pukul 08.30 hingga 13.00 WIB.

BACA JUGA:Pemilik KIS Aktif Bisa Dapat 4 Bansos Cair Februari 2023, Segini Besarannya

Dijelaskan Agung, untuk melakukan pelestarian Ikan Belita, yang kali pertama dilakukan yakni mengembangkan teknologi pada pembenihan.

Sehingga dengan kegiatan ini, akan dihasilkan banyak benih Ikan Belida yang selanjutnya dapat dikembalikan atau restocking ke alam untuk dapat mengembalikan habitat Ikan Belida.

Agung menambahkan, secara bersamaan juga dikembanhkan pola dan model budidaya yang praktis dan ekonomis.

Sehingga, masyarakat dan investor tertarik untuk mengembangkan budidaya Ikan Belida karena akan menguntungkan.

BACA JUGA:Nama Penerima Bansos PKH 2023 Tahap 1 Lihat Disini, Hanya Pemilik KIS 4 Tipe KK Ini yang Bisa Dapat!

Terkait hal itu, lanjut Agung, melalui Forum Diskusi Konservasi Ikan Belida yang akan dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan dapat merumuskan rekomendasi dan reaksi nyata dalam mendukung upaya pemerintah melestarikan habitat Ikan Belida.

Selain itu juga, agar Ikan Belida ke depan bisa menjadi komoditas yang dapat dibudidayakan dan dikomersilkan di Indonesia.

Kenapa pelestarian habitat Ikan Belida begitu penting?

Karena, menurutnya, Ikan Belida merupakan salah satu jenis fauna asli perairan umum di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: smsi