Honda

Waspada, Cacar Sapi Mulai Serang Ternak Sapi Tapi Tak Menular ke Manusia

Waspada, Cacar Sapi Mulai Serang Ternak Sapi Tapi Tak Menular ke Manusia

Munculnya cacar sapi yang menerpa peternak sapi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) membuat resah para peternak dan masyarakat yang ada di sekitar kandang sapi.-Berry Sandi-Palpres.com

BACA JUGA:Pemilik KIS Aktif Bisa Dapat 4 Bansos Cair Februari 2023, Segini Besarannya

Dia menjelaskan, gejala yang dialami sapinya, berawal dari munculnya adanya benjolan-benjolan kecil di bagian badan sapi. 

“Awalnya terdapat bentol-bentol, lalu pecah dan membentuk luka mirip cacar. Kemudian luka itu bertambah, imbasnya nafsu makan sapi hilang kemudian selang beberapa hari, sapi ambruk," jelasnya.

Peternak asal Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Rida menambahkan, bahwa sudah dua ekor sapinya jadi korban penyakit cacar.

“Sapi kami sudah dua kali ini mengalami sakit mirip cacar. Malah yang kasus kedua sudah diobati dengan berbagai macam cara, dokter hewan pun sudah dua kali memberikan obat tapi tidak ada pengaruhnya. Setelah dua kali diobati dokter hewan dan sapi tambah parah, maka kami putuskan untuk disembelih," tuturnya.

BACA JUGA:Pemilik e-KTP dan KIS Bisa Dapat Bansos BPNT Sembako, Penuhi 4 Syarat Ini!

Dengan kasus penyakit mirip cacar yang menyerang sapi peliharaannya, Rida khawatir akan menyebar ke sapi lainnya.

“Kami berharap ada obat atau vaksin untuk menyembuhkan penyakit tersebut, karena kami khawatir sapi-sapi kami yang masih sehat tertular,” harapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni SP MM mengatakan, kasus cacar pada tubuh sapi ini sudah terdeteksi sejak tiga bulan lalu.

BACA JUGA:No Hoaks! Anak SD di Kabupaten PALI Nyaris Jadi Korban Penculikan

“Penyakit cacar ini tidak lebih parah dari wabah PMK selama ini. Untuk itu para peternak harus bisa menjaga kondisi ternaknya agar tetap sehat dengan asupan makanan bergizi dan vitamin yang cukup," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com