Honda

Curah Hujan Tinggi, BPBD Kabupaten Empat Lawang Berikan Himbauan, Yuk Simak!

Curah Hujan Tinggi, BPBD Kabupaten Empat Lawang Berikan Himbauan, Yuk Simak!

Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, Sahrial Podri.-Eko Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM – Tingginya curah hujan di Bumi Serasan Sekate dalam beberapa pekan terakhir, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. 

Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, Sahrial Podri mengatakan pihaknya tidak jemu-jemunya mengingatkan masyarakat terutama yang berada di bantaran sungai untuk senantiasa berjaga-jaga dan waspada.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

"Karena intensitas curah hujan di wilayah Kabupaten Empat Lawang masih cukup tinggi dan kemungkinan sudah mulai meningkat, kita senantiasa waspada dikhawatirkan terjadinya banjir dan tanah longsor," kata dia.

BACA JUGA:Segera Daftar Akun Prakerja 2023 Kamu, Proses Untuk Dapat Dana Manfaat Rp4.200.000

Untuk warga yang bermukim di bantaran sungai terutama Sungai Musi untuk selalu berhati-hati terkait bencana banjir melihat curah hujan sudah mulai meningkat

"Juga bagi warga yang bermukim di atas tebingan atau sebaliknya untuk harap berwaspada terhadap longsor atau pergeseran tanah," imbau dia.

Lebih lanjut Sahrial berharap, dengan meningkatnya curah hujan di wilayah Kabupaten Empat Lawang ini, tidak menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. 

Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, curah hujan di wilayah Kabupaten Empat Lawang bulan Januari sampai akhir Februari diprediksi cukup tinggi.

BACA JUGA:Pemilik e-KTP dan KIS Segera Penuhi 9 Syarat ini untuk Dapat Bansos PKH Tahap 1, Begini Caranya!

“Berdasar pada data dari BMKG curah hujan akan tinggi di Empat Lawang sampai akhir Februari mendatang,” mata Kepala BPBD Empat Lawang, Sahrial Podril.

Ia melanjutkan terkhusus untuk warga yang ada di sekitar Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Lintang Kanan, Sikap Dalam dan Ulu Musi, untuk waspada karena berpotensi alami banjir.

“Kecamatan Paiker, Ulu Musi, Sikap Dalam dan Lintang Kanan itu rawan banjir harus lebih waspada,” imbaunya.

Selain mewaspadai banjir, juga tanah longsor. Berdasarkan kondisi geografis, tanah longsor rawan terjadi di Kecamatan Talang Padang, Paiker dan Ulu Musi. Ini semua bergantung pada curah hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: