Honda

Dukung Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Kelurahan Selibar Diganjar Penghargaan Proklim

Dukung Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Kelurahan Selibar Diganjar Penghargaan Proklim

Staf Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam menyerahkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup ke Kelurahan Seliber.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Piagam penghargaan Madya Kampung Iklim diserahkan kepada masyarakat, Lurah dan Dinas Lingkungan Hidup Kota PAGARALAM

Penghargaan itu adalah apresasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI terhadap kabupaten kota di Indonesia yang peduli terhadap dampak perubahan iklim dunia.

“Piagam penghargaan Proklim ini sudah kita serahkan, yang mana kita serahkan kepada pihak Kelurahan didampingi para Ketua RW, yakni RW 05 Kelurahan Selibar, Kecamatan Pagaralam Utara. RW 1 Kelurahan Candi Jaya dan RW 2 Kelurahan Jokoh, Kecamatan Dempo Tengah,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam Dekky Aprizal SP melalui Kabid PPKLH Sari Kurniaty STP Msi. 

Penghargaan ini tidak terlepas karena masyarakatnya mendukung dalam melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

BACA JUGA:Kantor Lurah Dempo Makmur Kini Sudah Bagus, Tapi Walikota Pagaralam Wanti-wanti Hal Ini

Kampung iklim ini merupakan program Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan Indonesia kedepan mampu mengurangi dampak perubahan iklim secara berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat.

Sari menyebutkan, jika kampung iklim adalah lokasi yang berada di wilayah administrasi  paling rendah setingkat rukun warga atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan. 

“Yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesimbungan,” katanya seraya mengatakan banyak manfaat Proklim bagi masyarakat. Tidak hanya lingkungan namun juga ekonomi dan sosialnya. 

Kampung iklim ini merupakan program Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan Indonesia ke depan mampu mengurangi dampak perubahan iklim secara berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat.

BACA JUGA:Pemilik KIS Aktif Bisa Dapat 4 Bansos Cair Februari 2023, Segini Besarannya

“Tahun di 2022 lalu tiga wilayah kampung di Kota Pagaralam mendapat piagam penghargaan Madya,” ucap dia.

Dia menyebutkan, ketiga lokasi tersebut RW 05 Kelurahan Selibar, Kecamatan Pagaralam Utara RW 1 Kelurahan Candi Jaya dan RW 2 Kelurahan Jokoh, Kecamatan Dempo Tengah.

“Penghargaan ini dari Kementrian LHK RI, dan piagamnya kita terima dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel belum lama ini,” ucap dia.

Sari menyebutkan, jika kampung iklim adalah lokasi yang berada di wilayah administrasi  paling rendah setingkat rukun warga atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com