Honda

NGERI! Main Video Game Ternyata Bahaya Buat Jantung, Bisa Mengancam Jiwa Anak, Orangtua Wajib Waspada

NGERI! Main Video Game Ternyata Bahaya Buat Jantung, Bisa Mengancam Jiwa Anak, Orangtua Wajib Waspada

Hasil penelitian menunjukkan, main video game ternyata bahaya buat jantung, bisa mengancam jiwa anak. -karawangbekasi-

BACA JUGA:Anda Tahu Daun Tujuh Duri? Berikut Penjelasan Manfaatnya Bagi Kesehatan Manusia 

Para ilmuwan menemukan anak-anak dengan anggota keluarga yang memiliki masalah jantung lebih berisiko terkena serangan fatal saat bermain game.

“Orangtua atau pengasuh yang mengetahui anak mereka memiliki masalah jantung dalam keluarga atau mengetahui anak mereka memiliki irama jantung yang tidak teratur, harus memikirkan tindakan pencegahan keamanan saat bermain game,” kata para ahli dilansir dari laman thesun.co.uk

Alasan mengapa main video game berbahaya untuk jantung diungkap ahli pada New England Journal of Medicine

Ahli menyatakan, seorang gamer berpotensi kehilangan kesadarannya saat bermain game yang intens.  

“Hasil rekam jantung menunjukan mereka mengalami gangguan ritme jantung yang mengancam nyawa. Salah satu gejala dari kondisi bernama takikardia ventrikel,” kata Dr Christian Turner seperti dilansir fin.co.id, Jumat 3 Februari 2023.  

Pada dasarnya, takikardia ventrikel ini, menurut pakar kardiolog pediatrik, adalah sebuah kondisi yang mendekati serangan jantung. 

Bagian mengejutkannya, dua dari tiga anak yang kasusnya dipelajari tersebut, tidak pernah memiliki histori gangguan jantung dalam rekam medis mereka.  

Penelitian dari The Heart Center for Children melihat kasus anak-anak yang pingsan saat bermain video game. 

Para ilmuwan menemukan hasil yang mengejutkan dan menekankan pentingnya penelitian dalam mencegah serangan jantung pada anak-anak.

"Kami sudah tahu bahwa beberapa anak memiliki kondisi jantung yang dapat membahayakan mereka saat bermain olahraga kompetitif. Tapi kami terkejut menemukan beberapa pasien mengalami pemadaman yang mengancam jiwa selama video game tersebut," kata Co-investigator Doctor Christian Turner, dari Sydney Children's Hospitals Network Sydney. 

"Video game adalah sesuatu yang sebelumnya saya pikir akan menjadi 'aktivitas aman' alternatif. Ini adalah penemuan yang sangat penting, perlu memastikan semua orang tahu betapa pentingnya memeriksakan diri ketika seseorang mengalami episode pingsan dalam keadaan seperti ini," kata Turner lagi.

Dr Jonathan Skinner, rekan penulis studi tersebut, mengatakan dia terkejut melihat seberapa luas masalah ini dan telah menyebabkan beberapa anak meninggal. 

“Semua kolaborator ingin mempublikasikan fenomena ini sehingga rekan-rekan kami di seluruh dunia dapat mengenalinya dan melindungi anak-anak ini dan keluarga mereka,” ucap Skinner. Temuan ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Heart Rhythm.

Dari situ disimpulkan bahwa main video game berbahaya untuk jantung, pada kasus atau orang tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: