Honda

Miris! Gedung Peninggalan Belanda di Palembang Terbengkalai, Kaca hingga Kusennya Raib

Miris! Gedung Peninggalan Belanda di Palembang Terbengkalai, Kaca hingga Kusennya Raib

Budayawan Palembang Vebri Al Lintani dan Kondisi Gedung Balai Pertemuan peninggalan Belanda yang kondisinya kini terbengkalai-Dudy Oskandar-palpres.com

BACA JUGA:Dijamin Lolos Kartu Prakerja dan Dapat Dana Insentif Rp4.200.000, Begini 6 Caranya!

Gedung utama saat ini dikenal dengan Balai Prajurit atau disebut juga dengan Rumah Bola, digunakan sebagai gedung pertunjukan (Schouw Burg) oleh Belanda.

Di gedung itu, lanjutnya, kerap digelar kegiatan pesta dansa oleh Belanda. 

Lalu di zaman Belanda sempat dijadikan Bioskop Luxor (1928), dan berubah menjadi bioskop Mustika (1970) di masa kemerdekaan. 

“Di belakangnya, terdapat bangunan yang sekarang menjadi Sekretariat Himpunan Putera Puteri Keluarga Angakatan Darat (HIPAKAD). 

BACA JUGA:Cek e- KTP! 9 Tipe KK Ini Bisa Dapat Dana BLT Balita, Ibu Hamil, dan Lansia Rp750.000

Sedang gedung yang menghadap Sungai Musi atau Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II, sekarang dikenal sebagai Balai Pertemuan atau Gedung Pamong Praja. 

“Kedua gedung ini dibangun dengan gaya arsitektur “art deco”,” ujar Vebri.

Sedangkan Qusoi, Sekretaris Dewan Kesenian Palembang, berharap Wali Kota Palembang memberikan Balai Pertemuan ini untuk seniman dan budayawan  melalui Dewan Kesenian Palembang (DKP).

Apalagi di Palembang belum ada Gedung Kesenian, sehingga Balai Pertemuan layak dijadikan tempat para seniman untuk berekspresi.

BACA JUGA:5 Kriteria Ini Dipenuhi, Pemilik KIS dan e-KTP Bisa Dapat BLT Dana Sembako Rp600.000, Cek Caranya!

 “Di akhir masa jabatan Wali Kota Palembang ini tolong perhatikanlah para seniman  Palembang, dimana tempat kami berekspresi.

Tidak mungkin kami manggung di cafe dan di hotel terus, sedangkan disini (Balai Pertemuan) bisa dimanfaatkan sebagai tempat UMKM, bisa jadi tempat acara teater, tari, puisi dan lain-lain,” tukasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com