Honda

Jayapura Diguncang Gempa, 4 Warga Tewas Terkubur Runtuhan Bangunan

Jayapura Diguncang Gempa, 4 Warga Tewas Terkubur Runtuhan Bangunan

Ilustrasi Gempa Bumi--

JAYAPURA, PALPRES.COM – Belum lagi selesai kabar duka gempa dahsyat berkekuatan 7,8 Magnitudo mengguncang sebagian Turki dan Suriah, giliran Kota JAYAPURA, Papua, diguncang gempa.

Dalam gempa berkekuatan 5,4 SR tersebut, diketahui jumlah korban tewas sementara 4 warga yang tertimbun bangunan Café.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid menjelaskan, bahwa keempat korban ditemukan dari puing bangunan cafetaria yang roboh oleh guncangan gempa bumi

Diketahui dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 13.28 WIB atau 15.28 WIT itu berpusat di 2.60 LS dan 140.66 BT di kedalaman 10 kilometer.

BACA JUGA:Bansos Sembako 2023 Cair Maret, Pemilik e-KTP dan KIS Bisa Dapat Rp2.400.000, Begini Caranya!

Jika ditarik garis lurus, gempa yang dikategorikan dangkal itu hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer Barat Daya dan 6 kilometer Tenggara, dari Kota Jayapura.

Sebelumnya wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya diguncang gempa bumi sebanyak 1.055 kali sejak 2 Januari 2023, namun dirasakan oleh masyarakat ada 120 kejadian.

Selain itu Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB sebelumnya juga menerima laporan kejadian gempa berkekuatan 4.7 SR pada Rabu, 8 Februari 2023,  sekitar pukul 20.35 WIB atau 22.35 WIT.

Asep menuturkan, gempa yang mengguncang Kota Jayapura, Kamis, 9 Februari 2023, terjadi selama beberapa detik.

BACA JUGA:Daftar Akun Kartu Prakerja 2023, Alamat Harus Terdaftar di Dukcapil Agar Dapat Dana Manfaat Rp4.200.000

Namun karena guncangannya lumayan kuat, sempat membuat warga Kota  Jayapura berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Dalam gempa tersebut, sejumlah bangunan di Kota Jayapura mengalami kerusakan. *

 

Artikel ini sudah tayang di fin.co.id dengan judul:Update: Gempa Bumi Jayapura 5.4 SR, 4 Warga Tewas Ditemukan dari Runtuhan Puing Cafetaria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id