Honda

Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Desa Sirah Pulau Panen Cabai Hasil Pemanfaatan Lahan Kosong

Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Desa Sirah Pulau Panen Cabai Hasil Pemanfaatan Lahan Kosong

PANEN CABAI : Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Hj Arzety Zarni Suhirdin SPd didampingi Ketua PKK Desa Sirah Pulau, Yulianti dan kader sedang memanen di lahan kebun PKK, Kamis 9 Februari 2023.-Bernat-palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM – Mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan  (GSMP) yang diisiasi Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Desa Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan, LAHAT panen cabai hasil memanfaatkan lahan kosong, Kamis 9 Februari 2023. 

Tanaman Cabai dan beberapa jenis sayuran lainnya di tanam di atas lahan seluas 3 hektar. 

Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Jayus Oktonianto menerangkan, kerjasama antara Pemerintah Desa (Pemdes) dan juga Tim Penggerak PKK Lahat guna menciptakan ketahanan pangan telah direalisasikan.

"Alhamdulillah, tanaman padi, cabe merah keriting dan sayur mayur, dapat kita lihat di Kebun PKK, untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan warga sehari-hari," sebutnya, Kamis 9 Februari 2023.

BACA JUGA:Bhayangkari PALI Mulai Panen Hasil Kebun Perkarangan Pangan Lestari

Selain itu, sambung dia, dengan kedatangan pengurus TP PKK Kabupaten Lahat, pastinya memberikan nilai tambah untuk membuka akses dalam ketahanan pangan ini.

"Memanfaatkan lahan yang semulanya dibiarkan, kini tumbuh subur dengan pengelolaan baik, sehingga hasilnya pun bisa dinikmati oleh masyarakat," ungkap Jayus Oktonianto.

Jayus Oktonianto menerangkan, dalam satu kali panen cabai bisa menghasilkan hingga ratusan ton cabai keriting. 

Hasil panen kemudian dipasarkan di lingkungan Kecamatan Kikim Selatan. 

BACA JUGA:Hasil Panen Bawang Merah Positif, Target 2023 Mencengangkan

"Bahkan ada yang kita kirim hingga ke Kota Lahat, untuk memenuhi permintaan pasar akan cabe merah keriting yang cukup tinggi, sehingga tidak terjadi kelangkaan pangan," terangnya.

Dirinya mengaku, kedepan akan melakukan inovasi serta kreativitas lain, dalam membantu perkembangan dan perekonomian warga Desa Sirah Pulau.

"Akan kita terus mencoba terobosan baru, sehingga dapat membantu masyarakat dari segi pendapatan keluarga," harap Jayus Oktonianto.

Terpisah, Ketua TP PKK Sirah Pulau, Yulianti mengemukakan, baik kader dan pengurus bekerjasama dengan Pemdes dan juga PKK Kabupaten, terus sharing (tukar pendapat) mengenai terobosan inovasi yang bisa membantu penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: