Honda

KPU Kabupaten Lahat Lantik 1.352 Pantarlih, Ternyata Ini Tugas dan Masa Kerjanya

KPU Kabupaten Lahat Lantik 1.352 Pantarlih, Ternyata Ini Tugas dan Masa Kerjanya

Ketua KPU Lahat, Nana Priana SHi MM didampingi Komisioner lainnya mengenakan rompi kepada anggota Pantarlih, Ahad 12 Februari 2023.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat melantik sekaligus mengambil sumpah janji, terhadap 1.352 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Tugas mereka tidak terlalu berat dimana mendata atau memutakhirkan data pemilih yang sebelumnya sudah ada, sehingga tinggal mencocokkan saja terhadap warga dimaksudkan,” sebut Ketua KPU Lahat, Nana Priana SHi MM, Ahad 12 Februari 2023.

Nah, lanjut Nana Priana, pada saat anggota Pantarlih ini mendatangi rumah masyarakat jika kedapatan ada yang meninggal dunia, pindah ataupun ikut suami bertugas, maka sesegera mungkin langsung dicoklit.

"Data pemilih yang Pantarlih jalankan tersebut, nantinya menjadi acuan KPU untuk menetapkan daftar pemilih sementara (DPS)," sebutnya.

BACA JUGA:Keren! Ada Jembatan Ampera di Agrowisata Tanjung Sakti Kabupaten Lahat

Sehingga, sambung dia, agar kiranya kepada seluruh anggota Pantarlih di 24 kecamatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, teliti dan hati-hati ketika melakukan pendataan.

"Termasuk juga, ketika ada TNI/Polri yang sudah pensiun harus mengubah kartu keluarga (KK), pun dengan pemilih pemula yang berusia 17 tahun, pernah menikah dan lain sebagainya," terang Nana Priana.

Nana Priana mengaku, dari hasil yang dijalankan Pantarlih, nantinya diserahkan kepada panitia pemungutan suara (PPS), secara online dikirimkan kepada KPU Kabupaten Lahat untuk dimasukkan ke dalam data base.

"Intinya, 1 KK itu 1 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sama, sehingga dapat menyesuaikan dengan jumlah yang ada di lapangan, dan yang menetapkan mereka pun berada ditangan PPS, sedangkan KPU sebatas melantik dan mengambil sumpah," urainya.

BACA JUGA: UMKM Cepat Daftar Kartu Prakerja 2023, Saldo Rp700.000 Bisa Cair ke Akun DANA-mu

Dirinya menerangkan, masa kerja dari Pantarlih ini cukup singkat, disesuaikan kebutuhan di lapangan sehingga untuk semaksimal mungkin dalam menyukseskan pemilu 2024.

"Data pemilih yang kami terima inilah, akan menjadi kunci sebagai bentuk pada Pemilu Presiden dan Legislatif," tandas Nana Priana.

Sementara itu, Saroni salah satu anggota Pantarlih menyebutkan, dirinya siap mengemban tugas yang telah diamanahkan kepada dirinya, untuk melakukan pendataan terhadap pemilih.

"Di lingkungan Rukun Tetangga (RT) 15, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Kota Lahat akan dilaksanakan secara door to door, supaya warga tidak ada yang belum menggunakan hak pilihnya pada pileg 2024," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: