Honda

Jadikan Lahat Daerah Penghasil Buah Terbesar di Sumsel, Dinas Ini Tanam Buah di Tiap Kecamatan

Jadikan Lahat Daerah Penghasil Buah Terbesar di Sumsel, Dinas Ini Tanam Buah di Tiap Kecamatan

Bupati Lahat, Cik Ujang SH sedang menanam bibit pohon alpukat, di Taman Rekreasi Ribang Kemambang, belum lama ini.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pada 2023 ini, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) dan Peternakan Kabupaten Lahat akan menanam bibit buah diantaranya Durian, Mangga, Rambutan, Alpukat, Kelengkeng dan lain sebagainya tersebar disetiap kecamatan, sehingga nantinya menjadi produk unggulan.

"Betul, masing-masing kecamatan akan kita tanam bibit buah jenis berbuah, sehingga di kawasan tersebut menonjol hasilnya," ungkap Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Kepala Dinas TPH dan Peternakan Lahat, Eti Listina SP MM, Kamis 23 Februari 2023.

Ia mengaku harus melihat dahulu potensi jenis buah apa yang cocok pada kecamatan tersebut, sehingga kedepannya dapat menjadi pendapatan tambahan.

"Misalnya, Kecamatan Merapi Area disana akan ditanam semuanya buah jenis mangga, lalu, Mulak Sebingkai atau Mulak Ulu jenis durian dan lain sebagainya," sebutnya.

BACA JUGA:Keren, Ada Desa di Kabupaten Lahat Jadi Lokasi Shooting Program Jejak Petualang

Dirinya menambahkan, dengan demikian akan ada buah unggulan di kecamatan tersebut, supaya masyarakat bisa menjaga sekaligus memeliharanya.

"Apabila panen, buah tersebut dapat dipasarkan segera, dan dikelola oleh kelompok tani (Koptan), agar menjadi produk andalan di kecamatan tersebut," terang Eti Listina.

Eti Listina menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyebarkan bibit buah, pada masing-masing kecamatan dan ditanamkan sesegara mungkin.

"Sehingga Bumi Seganti Setungguan kedepannya akan menjadi daerah dengan penghasil buah terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bahkan di Nasional," tandasnya.

BACA JUGA:BLT Rp900.00 Segera Cair Jelang Ramadan 2023, Pemilik KTP dan KIS Bisa Dapat!

Sementara itu, Camat Jarai, Reyno Delfansyah SIP MM mengemukakan, pihaknya sangat menyambut baik sekali, dengan rencana penanaman bibit buah.

"Tinggal bagaimana mekanismenya, untuk Jarai nantinya cocoknya buah apa yang bakal ditanamkan," harapnya.

Senada, Camat Mulak Ulu, Elsye Hartuti SSTP MM menerangkan, untuk disini lebih cocok jenis buah durian. Sebab, untuk rasa dari raja buahan ini sangat lezat, renyah dan manis.

BACA JUGA:MANTUL! THR dan Gaji ke 13 PNS di 2023 Tembus 20 Juta, Langsung Masuk Rekening

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: