Honda

KEREN, Air Terjun Ugul Kecik Wakili Kabupaten Lahat Lomba Desa Wisata

KEREN, Air Terjun Ugul Kecik Wakili Kabupaten Lahat Lomba Desa Wisata

LOMBA DESA WISATA : Kades Muara Dua, Jonidi Suhri didampingi jajaran DPMD Provinsi Sumsel dan Lahat, BPD dan perangkat desa berada di Cughub Ayek Ugul Kecik- PEMDES MUARA DUA FOR PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM- Cughub Ayek atau Air Terjun Ugul Kecik terletak di Desa Muara Dua, Kecamatan Pagar Gunung, mewakili Kabupaten Lahat pada lomba desa, yang langsung dinilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) didampingi DPMD Lahat serta jajaran lainnya.

Kepala Desa (Kades) Muara Dua, Jonidi Suhri mengatakan, wisata yang dinilai di desanya berupa air terjun yang dikenal oleh masyarakat lokal, Cughup Ayek Ugul Kecik.

"Cughup (Air Terjun,red) ini sudah dikelola sepenuhnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pun dengan fasilitas umum (Fasum) di lokasi sudah mulai kami lengkapi, dan tahun ini akan kembali kita bangun sarana lainnya," ujarnya.

Dirinya menambahkan, Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta masyarakat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas terhadap Cughub Ayek Ugul Kecik.

BACA JUGA:Kabar Gembira untuk Emak-emak! BLT BPNT Sembako Rp600.000 Cair Ramadan 2023!

"Termasuk juga menghidupkan roda perekonomian masyarakat sekitar, untuk berjualan produk makanan khas Lahat dan Desa Muara Dua," sebut Jonidi Suhri.

Jonidi Suhri mengemukakan, tentunya dengan masuk kategori lomba desa wisata ini, merupakan prestasi dan kebanggaan tersendiri.

"Mudah-mudahan, potensi alam yang ada ini dapat bersaing dengan kabupaten/kota lainnya, dan meraih peringkat yang cukup baik," tegasnya.

Sementara itu, Camat Pagar Gunung, Marles Yuniardi SKom MM berharap, agar kiranya objek wisata yang ada di Desa Muara Dua ini, kedepan dapat lebih baik lagi dari segi fasilitas dan sarana atau prasarana.

BACA JUGA:8 Desa Wisata di Pagar Alam ini Direkomendasi Kemenparekraf Buat Liburan Nataru 2023, Patut Dicoba!

"Dengan demikian, diharapkan agar objek wisata Desa Muara Dua ini dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar," terangnya.

Dia menjelaskan, tentunya hal ini dapat memberikan informasi dan kontribusi positif demi perkembangan serta kemajuan desa.

"Sehingga tidak hanya berhenti pada lomba desa wisata semata, melainkan terkenal hingga luar Bumi Seganti Setungguan, dipromosikan melalui media sosial (medsos)," tegas Marles Yuniardi.

Senada, Kepala DPMD Provinsi Sumsel, Drs H Sutoko Msi melalui perwakilannya, Firdaus berharap, agar kiranya objek wisata yang sudah jadi BUMDes ini dapat berkembang lebih baik kedepan.

BACA JUGA:Yuk Intip, Ada Air Terjun di Kabupaten Lahat Belum Terjamah Tangan Manusia

"Kalau ada kendala, silakan hubungi pendamping desa. Semoga Desa Muara Dua dapat meraih juara di penilaian lomba desa wisata ini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: