Honda

Visi Unsri Cetak Generasi Unggul Berakhlak Mulia, Wujud Ketahanan Nasional

Visi Unsri Cetak Generasi Unggul Berakhlak Mulia, Wujud Ketahanan Nasional

Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksdya TNI Dr. Ir Harjo Susmoro, S.Sos., M.H., M.Tr.Opsla saat memberikan kuliah umum di Graha Sriwijaya Unsri, Bukit Besar, Palembang, Rabu 8 Maret 2023-Foto: Istimewa-

PALEMBANG, PALPRES.COM –  Civitas akademika Universitas Sriwijaya (Unsri) menghadirkan Dewan Ketahanan Nasional dalam kuliah umum di Graha Sriwijaya, Unsri, Bukit Besar Palembang, Rabu 8 Maret 2023.

Kuliah umum yang diisi Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksdya TNI Dr. Ir Harjo Susmoro, S.Sos., M.H., M.Tr.Opsla sebagai usaha yang dilakukan civitas akademika di dalam mewujudkan visi Unsri mencetak generasi unggul berakhlak mulia.

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaf, MSCE., IPU., ASEAN Eng mengatakan, tahun ini kampus kebanggaan Sumatera Selatan menempatkan posisi tertinggi dari kriteria Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

“Ada visi utama yakni mencetak generasi unggul yang berakhlak mulia,” kata Prof Anis.

BACA JUGA:Bos Nokia Ramal Kiamat Smartphone Terjadi 2030, Perangkat Penggantinya Ditanam di Tubuh Pengguna

Dengan kata lain, orang akan mudah mengenali alumni Unsri  baik saat berada di tengah masyarakat maupun di tempat kerja.

Karakter unggul tersebut bisa dikenali dengan kemampuan kekhususannya yakni menguasai bidang keilmuan seperti sosial, sains, teknologi tapi tetap berakhlak mulia.

“Tetap humble, rendah hati dan bisa menjadi contoh yang baik untuk orang lain,” ujarnya.

Generasi unggul berakhlak mulai ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan ketahanan pangan di Era Revolusi Industri 4.0.

BACA JUGA:Puskesmas Desa di Muba Rasa Rumah Sakit, Layanannya Canggih dan Gratis

Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Laksdya TNI Dr. Ir Harjo Susmoro, S.Sos., M.H., M.Tr.Opsla menjelaskan, pembentukan karakter bangsa melalui bela negara pada hakikatnya tercantum di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Seperti Pendidikan dan Pengajaran berperan untuk mewujudkan generasi unggul yang mampu membawa bangsa ke arah bangsa yang unggul dan lebih maju.

Selain itu bisa secara aktif mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kemampuan pengendalian diri.

“Serta memiliki kepribadian yang baik, kecerdasan dan akhlak mulia serta keterampilan yang tinggi yang diperlukan bukan hanya untuk dirinya namun juga untuk masyarakat bangsa dan negara,” ujar Laksdya TNI Dr. Ir Harjo.

BACA JUGA:Trik Mendapatkan Saldo DANA Gratis Rp200.000, Penghasil Cuan Tercepat 2023

Selanjutnya Penelitian dan Pengembangan, berguna untuk mengembangkan ilmu dan teknologi, mahasiswa idtuntut harus lebih cerdas, kritis dan kratif dalam menjalankan perannya sebagai agent of change

“Poin ini sangat penting, bukan hanya bagi kemajuan perguruan tinggi, juga bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa dan negara. Serta mengandung manfaat untuk memperoleh suatu perubahan yang akan membawa Indonesia ke arah yang lebih maju dan terdepan,” katanya.

Dan terakhir, Pengabdian kepada Masyarakat.

Menurutnya, kegiatan civitas akademika dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditujukan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencederkan kehiduapan bangsa.

BACA JUGA:Tanpa KTP, Begini Cara Pinjam Uang di Aplikasi DANA, Anti Ribet dan Langsung Cair!

Dari sini juga bisa melakukan berbagai kegiatan positif lainnya. Sehingga mahasiswa harus mempu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu bekrontribusi nyata dalam kehidupan bermasyarakat

“Mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat, agent of change. Maka dari itu mahasiswa harus mengetahui porsi dari tugasnya masing-masing dalam mengabdi kepada masyarakat,” jelasnya.

Oleh sebab itulah, sambungnya, Tri Dharma Perguruan Tinggi mewujudkan generasi unggul yang memiliki karakter sebagai manusia unggul yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan spiritual dan emosi.

Selanjutnya sikap kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, anti kekerasan (anti perundungan), berbudaya, bermartabat dan inspiratif.

BACA JUGA:Kumpulkan Poinmu dan Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp650 Ribu Setiap Harinya

“Maka dari itu Unsri tempat untuk menyiapkan generasi unggul yang siap menghadapi masa depan,” tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: